Gempa di Nepal Tewaskan 108 Orang, Mount Everest Longsor

Mount Everest
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Gempa Susulan Melanda Jepang, Warga Mengungsi
- Nepal dihantam gempa berkekuatan 7,9 skala richter. Kepolisian setempat melaporkan setidaknya ada 108 orang meninggal akibat gempa itu.

Pemerintah Indonesia Bersimpati atas Gempa Myanmar

Data US Geological Survey mendeteksi kekuatan sebesar itu menghantam wilayah antara Kathmandu dan Pokhara, atau 50 mil dari ibu kota. Gempa ini menghantam Nepal pada pagi hari ini, dan mengenai sebagian India.
Gempa 6 SR Guncang Filipina Selatan, 3 Terluka


Dilansir melalui
International Business Times
, Sabtu 25 April 2015, kepolisian Nepal mengabarkan adanya 108 orang tewas karena gempa kuat itu. Bahkan, getarannya terasa sampai ke Pakistan dan New Delhi, ibu kota India, yang berjarak 200 mil dari Nepal.


"Ratusan orang telah dibawa ke rumah sakit utama di Kathmandu. Beberapa gedung juga dilaporkan hancur, sementara kerusakan terjadi di mana-mana, termasuk fasilitas publik. Kami dalam proses mencari informasi lebih lanjut dan sekarang sedang berupaya untuk melihat wilayah terdampak, baik di India maupun di Nepal," ujar Perdana Menteri India, Narendra Modi.


Gempa besar itu juga dikabarkan merusak gedung ikon Nepal di Dharahara, Bhimsen Tower. Beberapa bagian dari Gedung itu retak, bahkan ada yang terlepas. Belum ada laporan korban jiwa dari kerusakan gedung pemantauan militer yang dibangun sembilan lantai pada 1832 itu.


CNN melaporkan setidaknya ada 400 orang yang dikabarkan terjebak dalam menara di Dharahara itu.


Tidak hanya gedung, gunung tertinggi di dunia, Everest pun dikabarkan terkena dampak gempa. Seorang pendaki bernama Alex Gavan menuliskan tweet di akunnya menceritakan ada longsor di Mount Everest. Bahkan, ia harus berlari secepat mungkin untuk menyelamatkan diri dari longsor yang berlokasi di Pumori, dekat Mount Everest dan perbatasan Nepal-Tibet.


Ini merupakan gempa terkuat kedua yang pernah terjadi di India. Gempa besar pernah melanda India pada 1934 dengan kekuatan 8.0 skala richter. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya