Malaysia Tangkap Militan Saat Merakit Bom

Penangkapan terduga militan ISIS di Malaysia/Ilustrasi.
Sumber :
  • The Star
VIVA.co.id
PM Najib Sebut Keragaman Jadi Kekuatan ASEAN
- Polisi menangkap 12 militan yang sedang mencampur bahan kimia untuk membuat bom. Mereka berencana menyerang gedung pemerintah di Klang Valley.

Kemlu: 3 WNI yang Sempat Diculik di Sabah Selamat

Dilansir dari laman
Alasan Tenaga Kerja Konstruksi RI di Malaysia Digaji Rendah
The Star , Senin, 27 April 2015, polisi mengatakan, para militan memiliki cukup bahan baku, untuk membuat bom dengan radius ledakan mencapai 500 meter.


Para militan yang diyakini memiliki keterkaitan dengan ISIS itu, disebut merencanakan serangan pada lebih dari lima sasaran, termasuk gedung pemerintah, klub malam, serta beberapa tempat hiburan lain.


Unit khusus kontra terorisme Bukit Aman, menangkap 11 orang di kaki bukit Hutan Libur Gunung Nuang di Hulu Langkat, Sabtu, 25 April, dan satu orang lainnya pada Minggu, 26 April, di Cheras.


"Otoritas yakin mereka telah menguji beberapa bom rakitan berdaya ledak rendah di puncak gunung. Mereka ditangkap saat akan menguji bom dengan ledakan lebih besar," kata seorang sumber dari kepolisian.


Beberapa bahan kimia yang disita polisi antara lain 27 kilogram amonium nitrat, 25 kilogram potasium nitrat, 40 meter kabel merah dan hitam, dua liter kerosin, alat timbang digitar, serta alarm dan alat pengendalinya.


Polisi juga menyita bendera ISIS dari para militan. Irjen Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan, mereka merencanakan serangan pada beberapa lokasi strategis, termasuk gedung pemerintah di Klang Valley.


"Kami yakin para tersangka mengikuti instruksi dari para pemimpin senior ISIS di Suriah, untuk melakukan serangan di negara-negara Muslim yang sekuler," kata Abu Bakar.


Malaysia telah menangkap 95 orang militan sebelumnya, berusia antara 17-47 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya