Satu Juta Anak Terkena Dampak Gempa Nepal

Distrik Gorkha yang hancur akibat gempa di Nepal.
Sumber :
  • Twitter/Jigme Ugen
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Badan PBB untuk anak-anak, Unicef, mengatakan sekitar satu juta anak-anak terkena dampak buruk gempa di Nepal, yang telah menewaskan lebih dari 3.200 jiwa.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

Dilansir dari
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda
Reuters , Senin, 27 April 2015, Unicef menyebut para pekerja kemanusiaan mengkhawatirkan penyebaran infeksi, serta wabah penyakit, karena warga kini harus tidur di tenda-tenda dan ruang terbuka.


"Apa yang kami tahu saat ini ada hampir satu juta anak, yang terkena dampak buruk. Perhatian utama kami bagi mereka sekarang adalah, akses ke air bersih dan sanitasi," kata Christopher Tidey dari Unicef.


Dia menegaskan bahwa saat ini ketersediaan air bersih dan makanan terus berkurang. Beberapa laporan terbaru datang dari sejumlah wilayah, seperti distrik Gorkha, yang merupakan wilayah terburuk terkena dampak gempa.


Sekitar 270.000 orang tinggal di wilayah pegunungan Gorkha, dengan beberapa foto memperlihatkan kerusakan sangat parah. Saksi mata menceritakan, pengalaman mengerikan yang mereka saksikan saat gempa.


"Sangat menakutkan, sungguh mengerikan," kata Camille Thomas, yang sedang berada dalam penginapan di desa Langtang, sebelah utara ibukota Kathmandu, saat gempa dimulai.


Camille menyebut gempa disusul longsornya salju, menimbun rumah-rumah warga. "Dari tempat kami berada, tidak ada lagi yang bisa dilihat. Seluruh desa hilang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya