Abu Bakr al-Baghdadi Masih Hidup, Tapi Lumpuh

Pemimpin tertinggi ISIS Abu Bakr al-Baghdadi
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Peringatan Amerika Serikat untuk Pemimpin ISIS
- Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, yang dilaporkan terluka akibat serangan udara Amerika Serikat (AS) pada 18 Maret 2015, disebut tengah berada dalam kondisi lumpuh karena cedera tulang belakang.

Curhat Mantan Istri Pemimpin ISIS

Laman
ISIS Ingin Balas Dendam Atas Terlukanya al-Baghdadi
Press TV , Selasa, 28 April 2015, mengutip sumber yang menyebutkan bahwa al-Baghdadi masih hidup, setelah sebelumnya muncul kembali laporan tentang tewasnya al-Baghdadi pada Senin, 27 April.


Laman
Guardian
dalam laporannya juga menyebut bahwa al-Baghdadi belum mati, tapi sedang menjalani perawatan oleh dokter-dokter di Mosul. Dia sebelumnya bersembunyi di distrik al-Ba`aj, Nineveh, Irak.


Tempat itu dipilihnya karena menganggap wilayah tersebut tidak terjangkau serangan udara AS. Namun serangan udara AS pada 18 Maret, berhasil membuatnya terluka parah.


Walau begitu, saat ini kondisinya disebut mulai membaik. "Tapi dia belum kembali memimpin organisasi (ISIS)," kata sumber itu. Saat ini ISIS dikendalikan oleh Abu Alaa Afri, yang merupakan tangan kanan al-Baghdadi.


Juru bicara Pentagon mengatakan, belum ada bukti untuk mengkonfirmasi laporan terlukanya al-Baghdadi. Penasihat pemerintah Irak, Hisham al-Hashimi, menyebut Afri sebagai figur yang lebih penting daripada al-Baghdadi.


Afri dipastikan bakal menjadi pemimpin ISIS selanjutnya, jika terjadi sesuatu pada al-Baghdadi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya