VIDEO: Detik-detik Longsor di Gunung Everest Usai Gempa

Kondisi Base Camp di Gunung Everest Setelah Gempa di Nepal
Sumber :
  • REUTERS/6summitschallenge.com
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Gempa yang menghantam Nepal pada Sabtu pekan lalu, meluluhlantakkan tidak saja gedung bertingkat, tetapi juga menyebabkan longsor di puncak Gunung Everest. Menurut data terbaru dari Kementerian Dalam Negeri Nepal, total korban tewas telah menembus angka 4.010 orang, sedangkan korban luka mencapai 7.598 orang.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

Data dari Kementerian Luar Negeri RI menyebut terdapat 54 WNI yang tengah berada di Nepal ketika gempa berkekuatan 7,9 skala Richter terjadi. Sebanyak 18 orang diketahui memang menetap di Nepal, sedangkan 36 lainnya tengah berkunjung ke negara itu.
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda


Dari beberapa foto yang diperoleh
tvOne,
terlihat dengan jelas hampir semua bangunan yang ada di Nepal rata dengan tanah. Diperkirakan masih banyak lagi warga yang tertimpa reruntuhan bangunan dan belum berhasil dievakuasi.


Sementara itu, warga yang kini tengah dirawat dan selamat, terpaksa harus berada di jalan-jalan lantaran khawatir akan terjadi gempa susulan. Gambar lain yang berhasil diperoleh yakni detik-detik saat terjadi longsor di Gunung Everest.


Kantor berita
Reuters
melansir, saat terjadi gempa, diperkirakan ada sekitar 1.000 pendaki yang tengah berada di Everest. Sebanyak 400 orang di antaranya merupakan warga asing.


Tidak heran jika banyak warga asing yang mendaki Everest, karena pada April merupakan momen terbaik untuk mendaki. Ketika memasuki bulan Mei, puncak gunung akan tertutupi awan dan hujan.


Klik videonya


Video tersebut diambil dari salah seorang pendaki yang selamat, Jost Kobusch. Dari video terlihat salju meluncur dengan cepat dan menghantam pos pendakian satu dan dua yang berada di bagian selatan gunung berketinggian 8.848 meter dari permukaan laut. (art)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya