Gempa 7,5 SR Guncang Papua Nugini

Gelombang di pantai pasific akibat badai yang terbentuk di Selandia Baru.
Sumber :
  • REUTERS/Jose Cabezas
VIVA.co.id
1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan
- Gempa berskala 7,5 skala Richter terjadi pada Selasa pagi, 5 Mei 2015, sekitar 150 kilometer sebelah selatan Papua Nugini, memicu peringatan tsunami hingga radius 300 kilometer dari pusat gempa.

147 Rumah di Dompu Rusak Akibat Gempa

Berdasarkan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) yang dikutip Reuters, terjadi tiga kali gempa di kawasan itu, dalam waktu kurang dari sepekan. Gempa 5,6 skala Richter mengguncang Selandia Baru, Senin, 4 Mei.
Gempa 5,6 SR Guncang Dompu, NTB


Pusat gempa dilaporkan berada pada 59 kilometer sebelah utara Queenstown, pada kedalaman 10 kilometer. Sementara empat hari sebelumnya gempa 6,9 skala Richter juga terjadi di dekat Papua Nugini.


Gempa pada 30 April lalu, disebut berada pada 154 kilometer sebelah selatan Rabaul, pada kedalaman 85 kilometer. Rabaul adalah kota di Pulau East New Britain, dekat gunung berapi aktif Tavurvur.


Rabaul hancur pada 1994 akibat erupsi besar Tavurvur. Peringatan tsunami sempat dikeluarkan pada gempa, 30 Apri lalu, namun kembali dicabut. Tidak ada laporan korban tewas, terluka, atau bangunan yang rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya