Kontes Karikatur Nabi Akan Digelar Lagi di AS

Insiden Penembakan Terjadi di Kontes Kartun Nabi Muhamad
Sumber :
  • REUTERS / Mike Stone
VIVA.co.id
Begini Hebatnya Pedang Ali Bin Abi Thalib, Sahabat Nabi
- Para penyelidik Amerika Serikat mengatakan masih memeriksa klaim yang dibuat ISIS, bahwa mereka berada di balik penyerangan acara pameran dan kontes karikatur Nabi Muhammad di Dallas, Texas, Minggu, 3 Mei 2015.

Ingin Tahu Bentuk Pedang Nabi Muhammad? Datang ke Sini

ISIS melalui radio, mengatakan dua militannya melakukan serangan di Garland. Namun para pejabat AS yang dikutip
Al-Azhar Kecam Penayangan Kartun Nabi di TV Belanda
Reuters , Rabu, 6 Mei, menyatakan keraguan bahwa ISIS terlibat langsung dalam penyerangan.


Seiring upaya mendapatkan verifikasi atas klaim ISIS, sponsor acara kontes karikatur yang kontroversial, Robert Spencer, mengatakan serangan memberinya motivasi untuk menggelar lagi acara serupa.


Spencer yang menjalankan situs Jihad Watch, mengatakan beberapa hari sebelum acara, agen-agen FBI memperlihatkan dia dua pesan Twitter, berisi ancaman kekerasan dalam penyelenggaraan kontes berhadiah $10.000 itu.


"Kami harus melakukannya lagi," kata Spencer. Dia berdalih bahwa berhenti menggelar acara yang provokatif itu, berarti memberikan militan kekuatan untuk melakukan sensor.


Gedung Putih dalam pernyataan yang disampaikan juru bicara Josh Earnest, mengatakan terlalu cepat untuk mengaitkan dua tersangka penyerangan, dengan kelompok radikal ISIS yang berbasis di Irak dan Suriah.


Earnest mengatakan banyak orang berusaha memperbesar pengaruh kelompok militan itu, dengan mengklaim keterkaitan walau sebenarnya mereka tidak terafiliasi secara langsung.


"Ini masih dalam penyelidikan FBI dan komunitas intelijen lainnya, untuk menentukan hubungan atau afiliasi dua individu yang mungkin dimiliki dengan ISIS atau organisasi teroris lain di dunia," ucapnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya