Ribuan Orang Akan Hadiri Pemakaman Gembong Narkoba Bali Nine

Adrew Chan (menunduk) dan Myuran Sukumaran (baju biru) di LP Kerobokan, Bali
Sumber :
  • VIVAnews/Wima Saraswati
VIVA.co.id
Menko Luhut Minta Soal Eksekusi Mati Tak Perlu Diumbar
- Pemakaman dua gembong narkoba asal Australia, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, akan digelar di Sydney pada akhir pekan ini. Diprediksi pemakaman keduanya akan dihadiri oleh ribuan orang.

Fokus Pembangunan, Eksekusi Mati Tahap Ketiga Ditunda

Harian Australia,
Jaksa Agung Belum Pikirkan Eksekusi Tahap 3
Sydney Morning Herald (SMH) , Rabu, 6 Mei 2015 melansir Sukumaran akan dimakamkan di Gereja DaySpring di Castle Hill pada Sabtu, 9 Mei 2015. Pemakaman dimulai pukul 11.00 waktu setempat dan akan berakhir pukul 14.00.


Mentor dan seniman Ben Quilty akan berbicara dalam upacara pemakaman yang turut dihadiri rekan dan keluarga. Usai upacara formal, jasad Sukumaran akan dikremasi dan hanya disaksikan keluarga terdekat.


Sementara, pemakaman Chan akan dilakukan di Gereja Hillsong di Baulkham Hills pada Jumat, 8 Mei 2015 pukul 11.00. Baik keluarga dan masyarakat ikut diundang untuk menghadiri upacara tersebut.


Jasad keduanya telah tiba di Australia pada Sabtu pekan lalu. Pelaksanaan eksekusi mati Chan dan Sukumaran, ikut menyeret polisi federal Australia (AFP). Sebab keduanya bisa tertangkap polri, karena membocorkan informasi kepada polisi Indonesia.


Sementara, menurut komisioner AFP, Andrew Colvin, pihaknya tak bisa menangkap keduanya di Australia, . Colvin pun tidak berani menjamin tak akan ada lagi warga Australia yang dieksekusi mati di luar negeri karena terlibat kasus narkoba.


"Jika ada sebuah pesan yang bisa kita tarik dari eksekusi pekan lalu, saya tulus berharap nyawa para pemuda bisa diselamatkan dengan mereka berpikir dua kali sebelum terlibat dalam tindak kejahatan serius di luar negeri," kata Colvin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya