Ini Alasan Presiden Termiskin Dunia Pilih Hidup Sederhana

Melihat Kesederhanaan Presiden Uruguay
Sumber :
  • REUTERS/Andres Stapff

VIVA.co.id - Mantan Presiden Uruguay, Jose Mujica mengungkap alasannya memilih menjalani hidup sederhana ketimbang hidup glamor dan mewah. Kepada BBC Indonesia, Mujica mengatakan dengan hidup sederhana, ia tetap bisa pergi ke mana saja tanpa perlindungan ketat.

BBC edisi Rabu 6 Mei 2015 melaporkan, dengan menjalani kehidupan biasa, maka tidak ada jarak antara politisi dengan rakyat. Dia menyebut, itu sudah menjadi tradisi di Uruguay dan bukan sesuatu yang biasa dia terapkan.

Maka jadilah, pemimpin yang dijuluki sebagai presiden termiskin di dunia itu menjalani kehidupan layaknya rakyat biasa. Alih-alih mengendarai mobil mewah dilapisi anti peluru, Mujica lebih memilih untuk menyetir mobil butut Volkswagen (VW) Beatle berwarna biru keluaran tahun 1987.

Ditanya pembaca dari Indonesia, Brian Sumadi mengenai alasannya lebih memilih mobil usang, pemimpin yang akrab disapa Pepe itu mengatakan, dengan mobil tersebut dia bisa pergi ke mana saja tanpa ada perlindungan yang ketat. Sebab, dia yakin yang melindunginya adalah rakyat Uruguay selama menjabat sebagai presiden.

"Saya tak khawatir tentang itu (keamanan saya), karena saya dilindungi oleh rakyat saya sendiri. Saya bisa berjalan bebas di jalan-jalan dan mendapat dukungan banyak orang," kata Mujica.

Mujica menambahkan, tidak hanya dia saja yang menyetir mobilnya sendiri.

"Saya tahu, ada presiden lain yang juga mengemudikan mobil tanpa menggunakan supir," imbuh dia.

Bahkan, hingga jabatannya berakhir pun, Mujica lebih memilih tinggal di rumah yang sederhana dan tak tinggal di Istana Kepresidenan. Dia berlasan, ingin mempertahankan gaya republikan di masyarakat Uruguay. Sebab, itu adalah cara yang terbaik.

Selain mengenai gaya hidup yang sederhana, pembaca BBC juga banyak bertanya mengenai isu korupsi.

"Apakah seseorang pernah mencoba untuk menyogok Anda? Apa Anda pernah membantu teman mendapat pekerjaan (dengan menggunakan kekuasaan Anda)?" tanya seorang pembaca.

Mujica menjawab, ada dua orang yang pernah dibantunya. Pertama, seorang pria berusia 74 tahun dan teman Mujica. Namun, kini dia telah meninggal.

Sementara itu, orang lainnya yang dia bantu secara khusus, adalah penyandang difabel mental.

"Itu selama saya mengabdi kepada publik sekitar 20 tahun. Selain dari itu, saya membantu siapa saja. Saya selalu katakan kepada para pengusaha, jika ada pejabat yang berani meminta suap kepada mereka, tetapi tidak melaporkan ke saya, maka hubungan kami akan berakhir," tegas Mujica.

Di Pelantikan, Presiden Termiskin Dunia Naik Mobil Jadul

Semua jawaban itu diberikan Mujica dalam wawancara khusus yang dilakukan BBC Mundo. Mujica menjawab pertanyaan dari publik di seluruh dunia melalui akun Facebook BBC.

Posisi Mujica kini digantikan oleh Tabare Vazquez, setelah kalah dalam pemilihan umum kemarin.

Usai tak lagi menjabat Presiden, Mujica kini menjadi anggota Senat. (asp)

Presiden Termiskin di Dunia Mundur dari Jabatannya
Jose Mujica Serahkan Kekuasaanya Kepada Tabare Vazquez

FOTO: Presiden Termiskin di Dunia Serahkan Kekuasaannya

Jose Mujica menghadiri upacara pelantikan dengan mobil jadul.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2015