Tim Evakuasi Temukan Identitas Pendaki Indonesia di Everest

kedatangan wni dari nepal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Di Nepal, Pangeran Harry Disambut Lima Perawan
- Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia dari Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan tim penanganan evakuasi di Nepal berhasil menemukan identitas salah satu pendaki asal Bandung, Jawa Barat. Identitas yang ditemukan, ujar Iqbal, milik Alma Parahita.

Ini Status Tiga Pendaki Indonesia yang Hilang di Nepal

Hal itu disampaikan Iqbal kepada
Antisipasi Krisis, Kemlu Latih Diplomat Muda
VIVA.co.id melalui pesan pendek pada Kamis, 7 Mei 2015. Iqbal menyebut identitas itu ditemukan kali pertama oleh tim SAR Spanyol ketika melakukan evakuasi di wilayah Langtang.


"Temuan tersebut kian memperkuat keyakinan bahwa ketiga WNI tersebut berada di wilayah Langtang, tepat di Everest Guest House," kata dia.


Iqbal langsung menghubungi ibu Alma, Dewi Parliana.


"Saya juga telah menyampaikan temuan ini kepada Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Menlu meminta kepada Duta Besar RI untuk Bangladesh, Iwan Wiranata Atmadja agar segera ke lokasi, berkoordinasi dan memberikan dukungan yang dibutuhkan oleh Angkatan Bersenjata Nepal," ujar Iqbal.


Dubes Iwan, Iqbal menambahkan akan segera berkunjung ke Langtang pada Jumat pagi dengan menggunakan helikopter untuk berkoordinasi dan memberikan dukungan bagi militer Nepal. Khususnya, terkait dengan identifikasi.


Sementara, proses SAR akan tetap dilakukan angkatan bersenjata Nepal. Alma merupakan salah satu dari 3 pendaki anggota Taruna Hiking Club (THC) yang hingga saat ini belum bisa dikontak dan belum diketahui kondisinya.


Total WNI saat ini yang belum bisa dikontak termasuk tiga pendaki mencapai 5 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya