Korsel Ingin Pererat Kemitraan dengan ASEAN

VIVAnews - Presiden Korea Selatan (Korsel), Lee Myung-bak, menyerukan hubungan bisnis dan budaya yang lebih erat antara negaranya dengan Asia Tenggara untuk menciptakan komunitas ekonomi, Minggu 31 Mei 2009. Lee, yang mengundang para pemimpin negara anggota ASEAN untuk memperingati 20 tahun hubungan Korsel dan ASEAN, meminta agar hubungan ekonomi Korsel-ASEAN diperluas.

Total perdagangan ASEAN-Korsel telah tumbuh 11 kali lipat dalam dua dekade terakhir menjadi senilai US$ 90,2 miliar tahun lalu, kata Lee. Angka tersebut bahkan diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 150 miliar pada 2015.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

"Kita harus memperkuat kemitraan ekonomi, memperluas pertukaran budaya dan menjadi mitra dalam tujuan umum kita untuk memimpin era baru  green growth," kata Lee kepada para pelaku bisnis menjelang konferensi pada Senin dan Selasa ini. "Kita harus memperluas potensi untuk pertumbuhan masa depan."

Kedua belah pihak telah mengambil kesimpulan tentang kesepakatan perdagangan bebas untuk produk dan pelayanan, serta berencana menandatangani persetujuan dalam konferensi. "Kita harus berusaha keras menjadi satu komunitas ekonomi dan bisnis di mana bisnis dijalankan dalam lingkungan bebas," kata Lee.

Lee juga menyarankan agar pariwisata dan pertukaran pelajar antara Korsel dan ASEAN lebih ditingkatkan. Lee mengatakan, 3,2 juta warga Korsel bepergian ke wilayah Asia Tenggara tiap tahun.

Lee mengaku, krisis global kemungkinan akan menjadi halangan. Namun, rintangan itu harus dihindari agar pemulihan ekonomi segera terjadi. ASEAN merupakan mitra perdagangan terbesar ketiga bagi Korsel selain sebagai tujuan investasi asing kedua. Sedangkan bagi ASEAN, Korsel adalah mitra perdagangan terbesar kelima.

Konferensi yang sebagian besar akan membahas isu ekonomi, diselenggarakan dalam pengamanan ketat setelah Korea Utara mengadakan uji coba nuklir kedua dan meluncurkan serangkaian rudal jarak pendek dalam beberapa pekan lalu. Ketegangan tersebut membayangi konferensi, meski Lee tidak menyebutkan hal itu dalam pidatonya. (AP)

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024