ISIS Klaim Kuasai Penuh Ramadi

Sumber :
  • Ali al-Mashhadani/Reuters
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Kelompok militan ISIS mengatakan, mereka telah menguasai penuh sebelah barat kota Ramadi, Minggu, 17 Mei 2015, yang menjadi kekalahan terbesar bagi pemerintah Irak sejak musim panas lalu.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

Pada pernyataan resmi yang dikutip
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai
Reuters , Senin, 18 Mei, ISIS mengatakan menyita tank-tank dan membunuh puluhan tentara Irak. Saat ini militer Irak telah meninggalkan pangkalan militer di Ramadi.


Juru bicara Pentagon, Elissa Smith, mengakui jatuhnya Ramadi pada ISIS, akan memberi kelompok radikal itu dorongan untuk propaganda mereka. Pemerintah Irak sebelumnya, berjanji untuk membebaskan Anbar.


Pasukan Irak memperoleh kemenangan besar atas ISIS, dengan merebut kota Tikrit pada April lalu. Namun setelah itu mereka harus berjuang mempertahankan posisi, dari serangan balik ISIS.


ISIS memperoleh kesempatan, setelah pemerintah Irak memutuskan untuk tidak lagi melibatkan paramiliter Syiah, untuk membantu pasukan Irak dalam operasi melawan ISIS.


Kemenangan pasukan Irak pada April lalu, memperlihatkan peran kunci para militan Syiah, yang kemudian memicu sentimen sektarian dan tuntutan agar paramiliter Syiah tidak lagi dilibatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya