Sikap Pemerintah Myanmar Pada Biksu Ashin Pembenci Rohingya

Ashin Wirathu
Sumber :
  • Reuters/Soe Zeya Tun
VIVA.co.id
Myanmar Diminta Tak Diskriminatif Terhadap Rohingya
- Pemerintah Myanmar membiarkan Ashin Wirathu, terus menyebarkan kebencian terhadap komunitas minoritas Rohingya, sekalipun itu merusak citra negara mereka di mata komunitas internasional.

Tokoh Rohingya Sanjung Keramahan Warga Aceh Utara

Disebut dalam laporan
Kemlu: RI Harus Bangga Bersedia Tampung Imigran
BBC , Januari 2015, banyak pihak yakin pemerintah Myanmar memberikan toleransi, karena Ashin mewakili pandangan yang populer, didukung sebagian besar warga Myanmar.


Namun pemerintah Myanmar tidak dapat menyuarakan hal itu, karena alasan diplomatik, sehingga mereka membiarkan itu dilakukan oleh Ashin, penyebar kebencian di balik jubah biksu yang menjadi lambang kesucian.


Sekjen Liga Wanita Myanmar, Tin Tin Nyo, mengatakan Ashin memberikan reputasi buruk bagi negara, serta merusak citra jubah biksu yang dikenakannya. Sayangnya tidak banyak yang bisa diharap bakal mengecam Ashin.


Nyo mengatakan banyak wanita dan aktivis muda menentang keras apa yang dilakukan Ashin, tapi mereka mendapatkan resistensi dari generasi tua, termasuk orangtua mereka.


Generasi tua di Myanamr memiliki rasa hormat yang sangat besar terhadap biksu. Oleh karena itu, retorika kebencian Ashin hanya dapat dihentikan oleh komunitas biksu Buddha di Myanmar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya