Kesaksian Pendaki Indonesia Saat Terjebak di Gunung Watzmann

Pegunungan Alpen
Sumber :
  • utoronto.ca

VIVA.co.id - Kepolisian Satuan Helikopter Jerman berhasil menyelamatkan 14 mahasiswa Indonesia yang terjebak dan tersesat di ganasnya alam Gunung Watzmann di Pegunungan Alpen, Jerman.

Lalu bagaimana 14 pendaki itu bisa tersesat di gunung yang selama ini dikenal cukup ekstrem bagi para pendaki?

Wisnu, satu dari 14 pendaki kepada Koresponden VIVA.co.id Miranti Hirschmann di Jerman menuturkan, ia dan teman-temannya awalnya berencana menaklukan Puncak Gunung Watzmann yang terkenal itu. Namun, di hari kedua perjalanan menuju puncak, mereka dihadang kondisi alam yang menakutkan.

Aksi Penyelamatan 14 Pendaki Indonesia di Gunung Watzmann


Menurut perencanaan, Wisnu menjelaskan, pada hari kedua pendakian itu, ia dan teman-teman seharusnya sudah dapai mencapai Base Watzmannhaus atau base terakhir menuju puncak.

Mereka memperkirakan tiba di base itu pukul 15.00 waktu setempat untuk beristirahat. Namun yang terjadi hingga pukul 17.00 mereka tidak juga menemukan jalur menuju ke Base Watzmannhaus.

Mereka berusaha tetap bertahan dan berupaya mencari jalur untuk sampai di base. Tapi, cuaca saat itu sangat buruk, tebalnya kabut dan salju membuat mereka makin jauh dari jalur.

Medan yang mereka lalui pun semakin sulit. Sekitar pukul 21.00, salah satu dari mereka menghubungi Emergency hotline. "Untung masih ada sinyal," kata Wisnu, Senin, 25 Mei 2015.

Setelah berkomunikasi dan meminta bantuan. Tak lama, helikopter mulai terdengar lewat, namun pandangan tertutup kabut.


Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Wisnu dan rekan-rekannya melambai-lambaikan head lamp untuk menarik perhatian tim penyelamat di helikopter. Setengah jam kemudian tim penyelamat pun berhasil menjangkau lokasi tempat mereka tersesat.

Pencarian dan evakuasi 14 pendaki Indonesia menjadi operasi penyelamatan terbesar yang pernah dilakukan Kepolisian Satuan Helikopter Jerman dalam kurun waktu 45 tahun satuan itu dibentuk.

Helikopter penyelamat dari Prancis

Terjebak di Gunung Watzmann 14 Pendaki Indonesia Minim Bekal

Pendaki gunakan sepatu yang terlalu tipis dan ransel berat.

img_title
VIVA.co.id
26 Mei 2015