Konsul Jenderal RI di AS Terima Penghargaan

Konsul Jenderal Konjen RI di Los Angeles Umar Hadi (kedua dari kanan)
Sumber :
  • KJRI Los Angeles

VIVA.co.id - Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Umar Hadi, menerima Diversity Visionary Award 2015 untuk kategori Hubungan Publik dan Komunitas dari lembaga Pacific Trade and Culture Alliance (PTCA). Penghargaan ini merupakan pengakuan yang diberikan kepada individu atas perannya sebagai role model dan kontribusinya pada komunitas masing-masing.

Hotel Bergaya Bali Pikat Para Pebisnis AS di San Diego

Konsulat Jenderal RI di Los Angeles, Amerika Serikat, dalam keterangan persnya mengungkapkan penghargaan yang disematkan kepada Umar pada Minggu waktu setempat itu biasa diberikan pada perayaan Asian Pacific American Heritage di bulan Mei setiap tahun. Selain itu, ajang ini juga merupakan kesempatan bagi komunitas Amerika-Asia untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan masing-masing.

Penghargaan tersebut juga mendapat pengakuan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat AS, Ed Royce, dari Distrik 39 California, Dewan Kota Garden Grove yang ditandatangani oleh Walikota Bao Nguyen, dan Pemerintah Kota Irvine yang ditandangani oleh Walikota Steven Choi dan Anggota Dewan Christina Shea.

Konjen Umar Hadi dinominasikan oleh Indonesian American Business Council (IABC), sebuah organisasi non-profit yang menaungi para pebisnis Indonesia dan Amerika yang ingin mengembangkan business networking antar kedua negara, yang juga merupakan salah satu sponsor acara ini dan mitra PTCA.

Menurut Umar, IABC merupakan mitra kerja dalam menjalankan tugas sebagai Konsul Jenderal RI di Los Angeles karena adanya kesamaan visi, yaitu memajukan masyarakat dan diaspora Indonesia (Indonesian American) beserta penerusnya di Amerika Serikat.

Selain itu, Umar juga memberikan perhatian besar pada tumbuh dan berkembangnya orang Indonesia-Amerika di AS, yang pada akhinya akan berperan dalam mempererat hubungan antar kedua negara.

Terkait keberagaman, Konjen Umar menyampaikan bahwa keberagaman dapat menjadi sumber konflik lantaran adanya perbedaan yang akhirnya menimbulkan rasa tidak aman antara satu sama lain. Untuk itu, kini tantangannya adalah saling mengerti dan memahami keberagaman dan perbedaan tersebut sehingga memunculkan kembali rasa keamanan dengan sesama.

Menurut Presiden IABC, Harry Chou, sejak kedatangannya di Los Angeles 7 bulan lalu, Konjen Umar telah memperlihatkan dedikasi tinggi terhadap komunitas Indonesia, baik dari sisi pelayanan masyarakat, peningkatan hubungan bisnis dan perdagangan antara Indonesia dan Amerika Serikat, keterlibatan aktif dalam berbagai diskusi dengan kalangan akademisi, serta interaksi yang tinggi dengan berbagai kelompok masyarakat Indonesia.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

Hal inilah yang menjadi alasan kuat bagi IABC untuk menominasikan Konjen Umar Hadi sebagai penerima penghargaan di bidang Public and Community Relationship.

Acara tersebut juga dimanfaatkan untuk promosi sejumlah produk-produk Indonesia oleh Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles, serta promosi seni budaya Indonesia melalui penampilan tari tradisional Jaipong yang dibawakan oleh 4 orang mahasiswa asing dari Santa Monica College, di bawah koordinasi seorang dosen dari Indonesia bernama Sri Susilowati.

Menteri Keuangan

Presiden Jokowi ke AS untuk Perkuat Kemitraan Ekonomi

AS masih menjadi mitra dagang utama Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2015