Wakil PM Liu: Taufik Hidayat Bintang Besar di Tiongkok

Laga Terakhir Taufik Hidayat
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Guru Besar AS: RI Mampu Atasi Konflik Laut China Selatan
- Pemerintah Tiongkok memuji popularitas mantan atlet nasional bulu tangkis, Taufik Hidayat. Pria kelahiran Bandung 34 tahun lalu itu merupakan bintang besar yang dipuji publik Tiongkok.

Taufik Hidayat Jagokan Chong Wei Rebut Emas Olimpiade 2016

Demikian ungkap Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Liu Yandong ketika ditemui di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (UI), Depok pada Rabu, 27 Mei 2015. Liu menyebut fans Taufik di Tiongkok juga banyak.
Pengklaim China Selatan Harus Hormati Hukum Internasional


"Dia adalah bintang yang diketahui umum di Tiongkok. Ketika Taufik akhirnya memilih mundur dari bulu tangkis pada tahun 2013 banyak media Tiongkok yang ikut memberitakan mengenai dia," kata Liu.


Dia menyebut kemajuan Tiongkok dalam bidang olahraga tersebut turut dibantu oleh Indonesia. Atlet kedua negara, ujar Liu, selalu bertanding dan saling belajar.


"Bulu tangkis menjadi alat untuk mendekatkan jarak satu sama lain. Justru dengan komunikasi antar manusia, dapat membuahkan hubungan hati ke hati, melintasi batas negara sehingga memperdalam persahabatan Indonesia dan Tiongkok," ujar Liu.


Tiongkok kini mulai menggeser dominasi Indonesia di olahraga bulu tangkis. Di hampir semua turnamen olahraga tersebut baik nomor perorangan atau beregu, Tiongkok biasanya berhasil menyapu bersih.


Taufik pun memiliki musuh bebuyutan asal Tiongkok yaitu Lin Dan. Dia berhasil meraih dua medali emas Olimpiade edisi 2008 di Beijing dan 2012 di London.


Sementara, Taufik berhasil meraih medali emas di Olimipade Athena tahun 2004. Setahun setelah itu Taufik juga menjadi juara dunia dengan mengalahkan Lin Dan di babak final.


Prestasi yang diraih Taufik menjadikan dia sebagai pemain tunggal pertama yang berhasil memegang kejuaraan dunia BWF dan Olimpiade secara berturut-turut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya