Jinakkan Bom Sisa PD II, Jerman Evakuasi Ribuan Warga

Bom aktif sisa perang dunia II
Sumber :
  • bbc.co.uk
VIVA.co.id –
Menteri Jerman: Pemakaian Burkini di Sekolah Harus Diizinkan
Penemuan bom sisa Perang Dunia II di Cologne, Jerman, Jumat, 22 Mei 2015, menghebohkan warga. Bom tersebut ditemukan oleh pekerja konstruksi saat tengah melakukan penggalian.

Mendagri Baru Jerman: Islam 'Tidak Punya' Tempat di Jerman

Bom tersebut ditemukan utuh di kedalaman 5 meter, diketahui merupakan buatan Amerika Serikat dan masih aktif.
Wanita Sadis, Tiap Melahirkan Masukkan Bayinya ke Freezer


Pemerintah kota Cologne segera mengirimkan tim penjinak bom untuk memeriksa lebih lanjut kondisi senjata pemusnah massal itu. Rencananya, bom besar itu akan dijinakkan segera. Namun, menilik besarnya bom tersebut, upaya penjinakkan ditunda hingga kawasan dinyatakan aman.


Untuk itu, pemerintah Cologne segera mengevakuasi warga. Evakuasi besar-besaran dilakukan Rabu 27 Mei 2015. Tercatat sebanyak 20 ribu warga dievakuasi. Tidak hanya itu, seluruh kegiatan lalu lintas yang melewati sungai Rhine, di dekat Cologne, juga dihentikan sementara.


Warga yang bertempat tinggal dalam radius satu kilometer dari lokasi penemuan bom juga diminta meninggalkan rumah mereka. Termasuk 1.100 orang yang tinggal di panti jompo.


Demikian juga dengan Kebun Binatang Cologne yang segera dikosongkan dan ditutup.


Dilansir
Times of India
, aksi evakuasi kota ini merupakan yang terbesar di Cologne, setelah perang berakhir.


Bom tersebut bukanlah satu-satunya ‘warisan’ Perang Dunia II, pemerintah Jerman mencatat masih banyak bom-bom tersembunyi di beberapa wilayah Jerman dan para pekerja konstruksi kerap kali menemukan bom saat melakukan penggalian

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya