Serangan Panas India Berlanjut, Korban Tembus 1.100 Jiwa

Warga India
Sumber :
  • REUTERS/Adnan Abidi
VIVA.co.id –
Selfie di Depan Singa, Denda Rp3 Juta
Gelombang panas terus berlanjut di India. Dalam satu pekan terakhir, tercatat serangan panas tersebut telah menelan 1.100 jiwa.
BBC
Belum Bayar Utang Rp30 Ribu, Suami Istri Dibunuh
melansir, Pemerintah India terus melakukan himbauan agar warga berada di dalam rumah karena suhu udara yang dikhawatirkan bisa menembus 50 derajat celcius.
Korban Ledakan di India Jadi 100 Orang

Meskipun demikian, Rabu, 27 Mei 2015, suhu udara sedikit menurun di wilayah dengan korban terbanyak. Di Kota Telangana dan Andhra Pradesh, suhu tercatat menurun sekitar 45 derajat celcius.


Selain itu, Badan Meteorologi juga memprediksikan adanya hujan pekan ini, yang membuat warga bisa sedikit bernafas lega.


Sementara itu, seluruh rumah sakit telah dipersiapkan untuk menampung warga yang terkena serangan panas. Korban umumnya adalah mereka yang terpapar matahari langsung, termasuk para pekerja konstruksi, orang lanjut usia, serta tuna wisma.


"Pemerintah negara bagian telah memulai program edukasi melalui televisi serta media-media lain untuk memberitahukan orang-orang agar tidak melakukan perjalanan tanpa topi," kata Tulsi Rani, komisioner penanganan bencana di Andhra Pradesh.


Organisasi pemerintah dan non-pemerintah juga diminta untuk membuka kamp-kamp air minum, sehingga akses pada air minum tersedia bagi warga di kota-kota.


Gelombang panas setiap tahunnya menyerang India, dengan periode terpanas terjadi antara bulan Maret hingga Juni, dengan puncak di bulan Mei.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya