Dalai Lama Desak Suu Kyi Bertindak soal Rohingya

Dalai Lama
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Nobel Perdamaian Suu Kyi Diserukan untuk Dicabut
- Sekalipun krisis migran dari Myanmar, telah menjadi perhatian internasional dalam beberapa pekan terakhir, namun pemimpin oposisi di negara dengan mayoritas penganut Buddha itu belum juga bersuara.

Suu Kyi: Saya Tak Tahu Bakal Diwawancara Muslim

Tidak ada komentar dari Aung San Suu Kyi, wanita yang menjadi ikon gerakan pro-demokrasi Myanmar, tentang perlakuan diskriminatif terhadap minoritas Rohingya, yang menyebabkan mereka jatuh menjadi korban perdagangan manusia.
Suu Kyi Tak Akan Jadi Presiden Myanmar


Dilansir dari
Channel News Asia
, Kamis, 28 Mei 2015, pemimpin spiritual Buddha Tibet Dalai Lama, mendesak Suu Kyi yang merupakan pemenang Nobel Perdamaian, untuk bertindak lebih dalam membantu Rohingya.


Sejumlah pengamat menduga, Suu Kyi tidak bersuara lantaran khawatir kehilangan suara, jelang pemilu yang akan digelar pada November mendatang. Namun desakan pada Suu Kyi bukan baru pertama kalinya.


Dalai Lama pernah memintanya, saat Suu Kyi masih berada di penjara pada 2012, ketika terjadi konflik sektarian mematikan menyasar minoritas Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar.


"Sangat menyedihkan. Pada kasus Myanmar, saya harap Aung San Suu Kyi sebagai pemenang Nobel, dapat melakukan sesuatu," kata Dalai Lama dalam wawancara dengan surat kabar Australia.


Dalai Lama mengatakan pernah dua kali bertemu Suu Kyi, di London dan di Republik Ceko. "Saya menyebut tentang persoalan ini, dia mengatakan bahwa masalahnya tidak sederhana tapi sangat rumit," kata Dalai Lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya