Gunung Erupsi, Jepang Keluarkan Perintah Evakuasi

Erupsi gunung berapi/Ilustrasi.
Sumber :
  • YouTube
VIVA.co.id
Ungkapan Terima Kasih Megawati Usai Red Sparks Vs Indonesia All Star
- Gunung berapi di Pulau Kuchinoerabujima, Jepang, mengalami erupsi secara tiba-tiba pada Jumat, 29 Mei 2015, mengeluarkan asap hitam tebal ke langit. Otoritas Jepang telah mengeluarkan perintah evakuasi bagi warga.

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1
Dikutip dari Reuters
, maskapai-maskapai juga mengalihkan beberapa penerbangan. Aliran piroklastik gas panas dan batu, terlihat turun dari puncak sampai ke laut setelah letusan. Belum ada laporan korban tewas maupun terluka.


"Terdengar letusan besar disusul asap hitam," kata Nobuaki Hayashi, seorang pejabat setempat. Dia mengatakan ada 140 warga yang tinggal di pulau. Akses mereka keluar, hanya menggunakan perahu.


Kapal feri telah dikirim ke pulau, yang terletak sekitar 160 kilometer dari Pulau Kyushum, untuk mengevakuasi warga. Pemerintah Jepang juga telah membentuk kantor penanganan bencana.


Maskapai Nipppon Airways mengatakan, mereka mengalihkan penerbangan ke Okinawa dan Asia Tenggara, sebagai langkah pencegahan. Namun mereka tidak berencana membatalkan penerbangan.


Gunung berapi di Pulau Kuchinoerabujima, disebut juga mengalami erupsi pada 2014. Jepang merupakan negara dengan banyak gunung api paling aktif di dunia. Pada September 2014, lebih dari 60 orang tewas akibat erupsi Gunung Ontake.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya