Gunung Shindake Meletus, Jepang Lakukan Evakuasi Mendadak

Asap mengepul dari kawah Gunung Shindake, Jepang, Jum'at (29/05/2015)
Sumber :
  • REUTERS/Kyodo
VIVA.co.id –
12-11-1948: Penjahat Perang Jepang Divonis Mati
Sebuah gunug berapi di Jepang tiba-tiba meletus dan mengeluarkan awan panas. Gunung Shindake yang berlokasi di Pulau Kuchinoerabuijima, Perfektur Kagoshima itu mendadak melontarkan awan panas dan debu hingga ketinggian 9 km, Jum’at, 29 Mei 2015.

Erupsi Gunung Dukono, 12 Desa Terpapar Abu Vulkanik

Atas hal itu, otoritas di Perfektur Kagoshima langsung melakukan evakuasi mendadak.
Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang


Dilansir
BBC,
satu orang dikabarkan mengalami luka bakar saat evakuasi. Sementara 137 penduduk lainnya, dikabarkan selamat, dan telah diungsikan menggunakan perahu.


Saksi mata mengungkapkan, tidak ada pertanda gunung tersebut akan memuntahkan debu dan awan panas. “Tiba-tiba saja langit gelap dan ada suara keras. Saya juga mencium bau belerang,” ujar Nobuaki Hayashi, kepala desa, saat diwawancara stasiun televisi Jepang
NHK.


Badan penanggulanag bencana Jepang mengatakan telah mengumumkan Gunung Shindake kini dalam siaga 5, atau level tertinggi.

Kendati demikian, mereka menyebutkan letusan gunung tidak akan membahayakan manusia, karena lokasinya jauh dari perkotaan.


Meskipun begitu, Perdana Menteri Shinzo Abe langsung menyiagakan masyarakat guna darurat bencana. Alasannya dikhawatirkan letusan lain akan segera menyusul.


Tahun lalu, peristiwa serupa pernah terjadi. Gunung Ontake tiba-tiba meletus dan menewaskan belasan pendaki.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya