Jarang Sikat Gigi Bisa Bikin Pikun dan Penyakit Jantung

Ilustrasi pasta gigi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Agar Si Kecil Semangat Gosok Gigi Sebelum Tidur
- Masalah dalam kebersihan gigi, diyakini terkait dengan penyakit demensia dan jantung. Demikian menurut hasil studi dalam rekaman dokumenter, yang akan disiarkan oleh BBC pada pekan ini.

Kondisi Terkini Anang Hermansyah dan Ashanty di Dubai, Kepulangan Tertunda Akibat Badai

Dikutip dari laman
5 Fakta Menarik Jelang Duel Atalanta vs Liverpool di Liga Europa
Al Arabiya , Senin, 8 Juni 2015, hasil studi mengungkap bahwa malas menyikat gigi, dapat menyebabkan peradangan kronis, yang pada akhirnya merusak sistem sirkulasi dan organ-organ penting.


Riset menunjukkan gusi yang buruk, terkait dengan terjadinya Alzheimer dan penyakit jantung. BBC akan menyiarkan episode pertama dari dua bagian dokumenter.


Seorang dokter gigi, Mervyn Druian, mengatakan mulut seorang pasien adalah faktor kunci, yang mengindikasikan kondisi kesehatan, serta penuaan yang terjadi pada mulut.


"Gusi yang terlihat merah dan peradangan, kondisi gigi yang memperlihatkan kerapuhan, pembusukan atau abrasi, adalah tanda-tanda peringatan, bahwa mulut Anda menua lebih cepat dari yang semestinya," kata Druian.


Anda yang mengalami persoalan dengan gigi dan ingatan yang lemah, harus waspada karena pikun bukan satu-satunya persoalan. Pikun hanya salah satu gejala umum demensia.


Apa yang Anda alami bisa jadi awal dari demensia, yaitu penurunan fungsional karena kelainan pada otak, membuat penderitanya kehilangan kemampuan menyelesaikan permasalahan dan emosional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya