VIDEO: Obama Abaikan Perdana Menteri Irak

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVA.co.id - Sebuah peristiwa cukup memalukan terjadi terhadap Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi ketika turut hadir dalam KTT G7 di Bavaria, Jerman, pada 7-8 Juni 2015. Dalam sebuah rekaman video, terlihat Haider tak diacuhkan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Harian Inggris The Telegraph Senin 8 Juni 2015 mengunggah momen memalukan Haider itu. Usai sesi foto bersama, Haider bermaksud mencuri waktu agar bisa berkomunikasi dengan Obama.

Namun, Obama yang berada duduk di sampingnya malah terlihat asyik mengobrol dengan Perdana Menteri Italia, Mario Renzi, dan Kepala Badan Keuangan Internasional (IMF), Christine Lagarde. Suasana makin terlihat canggung ketika Obama sama sekali tak menoleh sedikit pun ke arah Haider. Ketiga pemimpin itu pun malah semakin terlihat terlibat dalam pembicaraan serius.

Tak berapa lama kemudian, Obama, Lagarde, dan Renzi bangkit dari tempat duduknya, namun masih asyik mengobrol. Sementara, Haider tetap tak dipedulikan. Dia pun turut bangkit, sambil melihat jam dan berlalu dengan perasaan dongkol.

Tiga Warga AS Diculik di Irak

Tidak diketahui dengan jelas, apakah aksi Obama itu tidak disengaja atau dia sejak awal memang berniat mengacuhkan Haider.

Silakan lihat videonya di sini:



Padahal, Obama dan Haider seharusnya membicarakan mengenai topik penting bagaimana menyuntikkan semangat bagi pasukan Irak untuk menggulingkan kelompok militan Islamic State of Iraq and al Sham (ISIS). Menteri Pertahanan AS, Ash Carter bahkan pernah berkomentar, kemampuan pasukan Irak begitu buruk, sehingga tak lagi memiliki semangat untuk bertempur untuk merebut kembali kota kunci di Irak, Ramadi.

16-1-1991: Perang Teluk Persia Pecah
Wakil Menteri Pertahanan AS, Robert Work

Taktik Baru AS Bikin Ciut Nyali ISIS

Strategi ini pernah dijalankan untuk hancurkan fasilitas nuklir Iran.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016