Publik AS Menanti Opini Marty Natalegawa Soal Asia

Kunjungan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Marty Natalegawa: "I am Enjoying My Life Now"
- Kendati tak lagi menjabat sebagai menteri luar negeri, namun pamor Marty Natalegawa tak luntur di dunia internasional. Sebagai bukti, organisasi pendidikan non profit tersohor dari Amerika Serikat, Asia Society Policy Institute (ASPI) memilih Marty sebagai salah satu pembicara untuk membahas mengenai masa depan di kawasan Pasifik bertajuk "Securing Peace in Asia: Time to Build an Asia-Pacific Community?"

Di Mana Mantan Menlu Marty Natalegawa Kini?
Dialog yang digelar pada Rabu 10 Juni 2015, pukul 12.00 waktu setempat (atau Kamis dini hari waktu Indonesia) di New York, Amerika Serikat itu akan membahas mengenai perlunya dibentuk sebuah institusi regional yang bisa mengelola berbagai tantangan keamanan di kawasan Asia.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk
Berbagai isu keamanan di Asia, mulai dari ketegangan di Semenanjung Korea, sengketa wilayah di Laut China Selatan dan Laut China Timur serta Taiwan, butuh untuk segera dicarikan solusinya. 

Sementara itu, sejauh ini, belum ada organisasi atau asosiasi khusus yang membahas mengenai hal tersebut, selain Forum Asia Timur, atau Forum Regional ASEAN.

Kendati sudah ada kedua organisasi tersebut, tetapi masih ada keraguan jika institusi itu dapat menghasilkan solusi terhadap berbagai konflik. 

Selain Marty, ASPI turut mengundang tiga pembicara lain yang tak kalah kompeten. Mereka adalah Thomas E. Donilon, Shivshankar Menon, dan Wang Jisi. 

Acara dialog itu akan dimoderatori oleh mantan Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, yang juga menjabat sebagai Presiden ASPI. Acara ini diminati oleh publik di AS. Hal itu terbukti, dari habisnya tiket yang dijual untuk kegiatan tersebut.
Tiket terjual dalam waktu tiga hari saja.

Harga tiket bervariasi antara US$30, atau Rp399 ribu hingga US$45, atau Rp599 ribu. Publik di Tanah Air juga bisa menyaksikan dialog tersebut melalui live streaming dengan mengunjungi tautan AsiaSociety.org/Live.

Mereka juga bisa mengajukan pertanyaan dengan mengirimkan email di alamat moderator@asiasociety.org. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya