Panggil Hujan, Petani Thailand Gunakan Doraemon

"Doraemon 100 Secret Gadget Expo" Resmi dibuka
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta
- Para petani Thailand di Distrik Muang Khai memiliki cara unik untuk mengakhiri kekeringan di area mereka. Alih-alih menggunakan kucing hitam hidup yang biasa digunakan oleh warga kebanyakan, karena mereka ingin menghindari tuduhan penyiksaan, para petani menggunakan boneka kucing robot asal Jepang, Doraemon. 

Heboh Bule Nyanyikan Lagu Gombloh dengan Merdu
Harian Bangkok Post, Senin, 29 Juni 2015 melansir akibat cuaca kering berpengaruh terhadap hasil panen jagung di area tersebut. Sebab itu, petani yang menanam jagung di tambon Wang Luang memanggil hujan dengan meletakan Doraemon di sebuah sangkar kayu. Kemudian, para petani menempatkan gambar tokoh kartun itu di bagian luar sangkar. 

Merasa Gatal, Ternyata Ada 26 Kecoa di Telinga
Para petani kemudian berbaris dan mengarak sangkar sambil berdoa memohon hujan. Boneka di dalam sangkar itu kemudian dibawa ke tempat-tempat suci di sekitar desa, lalu diakhiri dengan upacara di wihara di dekatnya. 

Pemimpin desa Wang Luang, Rattakarn Jantanu mengatakan penduduk desa setuju untuk menggelar upacara tradisional sebab area tersebut mengalami kekeringan yang parah. 

Mereka sengaja memilih tokoh doraemon karena tidak ada satu pun orang yang menemukan kucing mainan lain yang mendekati aslinya. Sayangnya, hingga saat ini doa mereka belum dijawab. Kekeringan masih terus menghantui area di Thailand. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya