AS-Kuba Resmi Perbaiki Hubungan Diplomatik

Presiden AS Barack Obama mengumumkan restorasi hubungan diplomatik dengan Kuba.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst
VIVA.co.id
Trump Sindir Obama Tak Disambut Raul Castro
- Amerika Serikat (AS) dan Kuba resmi mencapai kesepakatan pada Rabu, 1 Juli 2015, untuk memperbaiki hubungan diplomatik pada 20 Juli, ditandai dengan kunjungan Menlu AS John Kerry ke Havana.

Obama Akan Kunjungi Kuba

Dilansir dari
18-02-1964: AS Hukum Negara Mitra Dagang Kuba
Reuters , Kamis, 2 Juli, Kerry akan menjadi menlu AS pertama yang berkunjung ke Kuba, dalam waktu 70 tahun. Kesepakatan diresmikan, dengan pertukaran surat antara Presiden AS Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro.


Kesepakatan itu memenuhi janji yang dibuat enam bulan lalu, yang merupakan langkah bersejarah sejak AS memutuskan hubungan dengan Kuba, setelah Fidel Castro berkuasa pada Januari 1959.


Surat dari kedua pemimpin, menetapkan 20 Juli untuk waktu perbaikan hubungan, yang akan disertai atau disusul dengan pembukaan kedutaan besar, dari setiap pihak di masing-masing negara.


Kerry mengatakan dia akan datang ke Havana, untuk mengibarkan bendera AS di depan bangunan, yang akan menjadi Kedubes AS. Perkembangan AS-Kuba, disebut Obama memperlihatkan jika mereka tidak terpenjara oleh masa lalu.


"Jika sesuatu tidak berjalan, kita dapat dan akan merubahnya," kata Obama, yang menyebut bahwa hubungan AS-Kuba memburuk pada tahun di mana dia dilahirkan, pada 1961.


Isolasi Kuba telah menjadi kebijakan di bawah 10 presiden AS, sehingga langkah Obama memicu kontroversi di Kongres AS, dengan kubu Republik menolak perbaikan hubungan dengan Kuba.


Tapi survei opini publik memperlihatkan, jika mayoritas rakyat AS mendukung perbaikan hubungan dengan Kuba, bahkan termasuk orang Kuba di AS, yang secara historis merupakan pendukung embargo terhadap Kuba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya