50 Ribu Warga Yunani Turun ke Jalan Jelang Referendum

Perdana Menteri yunani Alexis Tsipras berpidato di lapangan Syntagma.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Migran Tewas Akibat Kebakaran di Kamp Pengungsi Yunani
- Sekitar 50 ribu warga Yunani turun ke jalan-jalan, Jumat 3 Julli 2015, melakukan aksi demonstrasi menolak prasyarat dana talangan internasional, menjelang referendum.

Kedatangan Obama ke Yunani Disambut Demonstrasi

Yunani akan melaksanakan referendum, pada Minggu 5 Juli 2015, untuk menentukan nasib Yunani apakah menerima prasyarat dana talangan internasional atau tidak.
Yunani Akan Bangun Masjid Besar di Athena


Seperti dikutip dari Reuters, Perdana Menteri yunani Alexis Tsipras mengajak rakyat Yunani memadati lapangan Syntagma di pusat Kota Athena untuk menolak prasyarat dana talangan yang ditawarkan kreditor internasional.


Tsipras mengatakan para kreditor menggertak dan menakut-nakuti kejatuhan ekonomi global Eropa. Namun, apabila hasil referendum Yunani memilih "Yes", maka Tsipras harus mundur dari jabatannya.


Tsipras menyebut referendum Minggu ini sebagai sebuah pertarungan untuk demokrasi, kebebasan, dan nilai-nilai Eropa.


"Pada hari Minggu, kita tidak hanya memutuskan bahwa kita tinggal di Eropa, tetapi kita memutuskan untuk hidup dengan martabat di Eropa," katanya di hadapan 50 ribu warga Yunani.


Empat jajak pendapat mempublikasikan bahwa mayoritas rakyat Yunani memilih "Yes" untuk dana talangan internasional. Hanya selisih seperlima dengan yang mendukung "No". 

 

"Kita tahu bahwa para kreditor akan menutup pintu, bila kita mengatakan tidak, tapi kita harus berjuang," kata Irini Stavridou, seorang pensiunan yang mendukung menolak prasyarat dana talangan internasional. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya