Bank-bank di Yunani Kehabisan Uang Tunai

Publik Yunani mengantri di mesin ATM, Minggu, 28 Juni 2015.
Sumber :
  • REUTERS/Stefanos Rapanis
VIVA.co.id
03-04-1948: Presiden Truman Sahkan Marshall Plan
- Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis, akan menggelar pertemuan darurat dengan para pemimpin perbankan, setelah penghitungan suara memperlihatkan hasil referendum pada Minggu, 5 Juli 2015.

Ini Alasan Pemerintah Gunakan Skema Bail In

Dilansir dari
Ini 6 Kota di Dunia dengan Biaya Hidup Termurah
The Guardian , Senin, 6 Juli 2015, gubernur bank sentral Yannis Stournaras, akan dipanggil terkait kekhawatiran bank-bank akan tutup, karena sudah tidak memiliki persediaan uang tunai.


Perbankan di Yunani dilaporkan hanya memiliki sekitar 500 juta euro yang tersisa, atau sekitar 45 euro untuk setiap orang Yunani, negara dengan populasi 11 juta jiwa.


Presiden Parlemen Eropa Martin Schulz, mengklaim risiko yang ditanggung Yunani sangat besar, dengan gaji terancam tidak dapat dibayarkan, sistem kesehatan berhenti berfungsi, jaringan listrik dan transportasi berhenti.


Kanselir Jerman Angela Merkel akan berangkat ke Paris pada Senin malam, untuk bertemu Presiden Prancis Francois Hollande. Bank Sentral Eropa (ECB) disebut memegang kunci dalam situasi saat ini.


Pertemuan akan digelar pada Senin pagi, untuk memutuskan apakah bakal memperpanjang asistensi likuiditas darurat (ELA) bagi perbankan Yunani, yang sebelumnya dijanjikan sebesar 89 miliar euro.


George Osborne di Inggris, akan menggelar pertemuan krisis dengan Perdana Menteri David Cameron, serta Gubernur Bank Sentral Inggris Mark Carney, yang telah menghadiri pertemuan Cobra.


Pertemuan Cobra merupakan pembicaraan di belakang layar, melibatkan para pejabat tinggi pemerintah, menentukan rencana untuk mengantisipasi jika Yunani keluar dari zona Euro.


Yunani gagal melakukan pembayaran cicilan utang sebesar 3,5 miliar euro, melanggar batas waktu yang ditentukan ECB akhir pekan lalu, memperburuk hubungan Yunani dengan Uni Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya