Tradisi Lebaran Pelajar RI di Suriah: Sowan ke Ulama

Pelajar Indonesia dalam silahturahmi ke rumah salah satu ulama Suriah.
Sumber :
  • Kemlu RI
VIVA.co.id
Cerita Roger Danuarta soal Tradisi Angpau
- Kondisi Damaskus yang mulai aman dari Perang Saudara membuat Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Suriah bisa berkeliling untuk silaturahmi dengan para ulama di Damaskus. Ini terkait dengan perayaan Idul Fitri 1436H.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

"Ini kebiasaan kami setiap tahun. Selain silaturahmi kami juga minta didoakan agar studi lancar, apalagi di tengah krisis akhir-akhir ini," kata Mahrus, ketua PPI Suriah dalam pernyataan tertulisnya pada
Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak
VIVA.co.id pada Jumat, 24 Juli 2015.


Kunjungan pertama mereka adalah ke kantor Ketua Persatuan Ulama Suriah, sekaligus Dekan Fakultas Syariah Universitas Damaskus, Syeikh Dr Taufik al-Buthi, pada Minggu, 19 Juli 2015 lalu.


Al-Buthi disebut sangat senang dikunjungi para siswanya, terutama yang berasal dari Indonesia. "Menurutnya para pelajar Indonesia dikenal baik dan rajin," kata Mahrus. Kunjungan berikutnya adalah pada Khoir Sya'al.


Dosen Universitas Damaskus itu juga berprofesi sebagai dokter gigi. "Apakah di Indonesia ada kebiasaan idiyah (angpao lebaran)?" kata Khoir, bertanya kepada para pelajar Indonesia sebelum pamit pulang.


Mahrus mengaku para pelajar Indonesia menjawab dengan anggukan malu-malu. Khoir pun membagikan idiyah pada mereka, yang disebut Mahrus jumlahnya cukup besar bagi para pelajar.


Pejabat Penerangan Sosial Budaya di KBRI Damaskus, AM Sidqi, mengatakan kondisi keamanan Suriah berangsur membalik selama bulan suci Ramadhan, sehingga para pelajar bisa beraktivitas dengan tenang.


"Tahun-tahun sebelumnya terjadi baku tembak di sekitar kampus, sehingga pemerintah RI mengeluarkan kebijakan merepatriasi semua WNI dari Suriah. Tapi sekarang kondisinya jauh lebih tenang, walau penjagaan tentara di mana-mana," kata Sidqi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya