Bertolak ke Singapura, Ini Agenda Jokowi

PM Singapura, Lee Hsien Loong, dan Presiden Joko Widodo bersama keluarga beberapa waktu silam. PM Lee akan berkunjung ke Jawa Tengah pekan ini.
Sumber :
  • Twitter/Lee Hsien Loong
VIVA.co.id
Lolos Hukuman Mati, TKI di Singapura Dihukum 10 Tahun
- Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pagi ini akan bertolak ke Singapura untuk melakukan kunjungan kenegaraan. Hal ini menjadi kunjungan kenegaraan pertama yang dilakukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu usai terpilih sebagai Presiden pada Oktober tahun lalu.

Kapal Feri Indonesia Tenggelam di Singapura
Demikian isi keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima VIVA.co.id pada Senin malam, 27 Juli 2015. Kunjungan ini akan difokuskan untuk memajukan kerja sama ekonomi kedua negara. 

Singapura dan RI Segera Cari Solusi Atasi Kabut Asap
Saat ini, Negeri Singa merupakan salah satu mitra utama Indonesia di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata. 

"Tahun 2014, total perdagangan Indonesia dengan Singapura mencapai US$41,99 miliar atau kedua terbesar setelah Tiongkok. Dalam bidang investasi, Singapura menempati posisi pertama investor terbesar di Indonesia dalam lima tahun terakhir, dengan total investasi tahun 2014 mencapai US$5,8 miliar di 2.056 proyek," kata Kemlu. 

Sementara, turis dari Singapura juga merupakan wisatawan asing terbesar di Indonesia yang mencapai 1.519.223 orang pada tahun 2014. Angka ini meningkat 10,12 persen dibandingkan tahun 2013 lalu. 

Selama berada di Singapura, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Tony Tan Keng Yam, PM Singapura, Lee Hsien Loong dan akan menghadiri pertemuan bisnis yang diperkirakan dihadiri oleh lebih dari 150 CEO perusahaan besar di Singapura. Pertemuan bisnis dikemas dalam bentuk dialog dan digelar pada hari ini.  

Jokowi juga akan memanfaatkan kunjungannya untuk membahas isu mengenai ASEAN. 

"Indonesia saat ini tengah memperjuangkan adanya instrumen yang mengikat secara hukum bagi perlindungan buruh migran di ASEAN," tulis Kemlu. 

Sementara, informasi dari Kemlu Singapura menyebut, saat kunjungan nanti, ada tiga nota kesepahaman yang akan diteken yakni menyangkut pertukaran pengalaman dan informasi mengenai pembangunan pemerintahan yang lebih modern, penguatan kolaborasi kerja sama antar pemuda dan pengembangan olah raga kedua negara serta kerja sama di antara dua kamar dagang. Pada hari Rabu esok, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan menghadiri upacara penamaan anggrek di Singapore Botanical Garden. 

Rencananya, anggrek jenis Dendrobium di sana akan diberikan nama Iriana Jokowi. Setelah itu, Jokowi kembali ke Tanah Air. 

Sebelumnya, Jokowi sempat membuat kehebohan di Singapura, ketika pada November tahun lalu, dia menggunakan ntuk menghadiri wisuda putra bungsunya, Kaesang Pangarep di Anglo-Chinese School International (ACS). Kehebohan juga dirasakan di sekolah Kaesang ketika banyak rekan-rekannya yang dengan Jokowi.

Sementara, PM Lee telah berkunjung ke Indonesia dan ikut menghadiri pelantikan Jokowi menjadi Presiden pada Oktober lalu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya