Presiden Singapura: Indonesia Punya Peran Penting di ASEAN

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Singapura
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo

VIVA.co.id - Di masa mendatang, Singapura dan Indonesia telah sepakat untuk memperkokoh hubungan kedua negara, terutama masalah ekonomi. Namun, semua itu tergantung pada perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran antara kedua kawasan.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Singapura, Tony Tan Keng Yam, di sebuah pesta penyambutan untuk Presiden Indonesia Joko Widodo. Ini merupakan lawatan Joko Widodo yang pertama kali sejak ia menjabat Presiden pada Oktober tahun lalu.

“Hal ini akan bergantung pada lansekap global yang semakin tidak bisa diprediksi, terkait perlambatan ekonomi, tantangan lintas batas baru, dan ancaman lainnya,” ujar Presiden Tan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu 29 Juli 2015.

Tan menambahkan, hubungan baik dengan Indonesia juga didukung oleh hubungan erat antarpemimpin, kerja sama pertahanan yang kuat, dan signifikan, serta kerja sama ekonomi yang terus dikembangkan. Tidak kalah penting adalah adanya solidaritas dan hubungan yang erat dengan negara-negara ASEAN.

Singapura Janji Genjot Arus Investasi dan Turis ke RI

Ini terkait dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang direncanakan diterapkan pada akhir tahun ini. Ditekankan oleh Tan, Indonesia memiliki peran penting dalam keberhasilan ASEAN.

"Seperti biasa, dalam hubungan antara dua teman lama, dekat, dan bertetangga, masalah sudah pasti akan muncul dari waktu ke waktu di antara kita. Saya yakin bahwa dasar yang kuat dari hubungan bilateral kita memungkinkan kedua negara untuk terus mengatasi masalah tersebut dengan cara yang konstruktif, dengan memilih solusi yang positif didasarkan rasa saling menghormati,” tutur Tan.

Pada saat jamuan makan malam, Presiden Indonesia yang akrab disapa Jokowi itu pun mengatakan bahwa Indonesia kini tengah memperluas infrastruktur, industrialisasi, dan modernisasi.

“Kami berupaya meningkatlan taraf hidup seluruh rakyat Indonesia. Pertumbuhan yang luar biasa ini memberikan peluang yang luar biasa bagi investor Singapura untuk berkembang bersama kami, di Indonesia,” ujar Jokowi. (art)

Presiden Joko Widodo

Sosialisasi Tax Amnesty, Jokowi Bakal Sambangi Singapura

Dia imbau pegawai pajak jangan menakuti wajib pajak.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016