Pertemuan Jokowi dengan Presiden Singapura Dikritik Publik

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Singapura
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo
VIVA.co.id
Ini Penjelasan Dubes Singapura soal Absennya Bendera RI
- Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo pada Selasa kemarin sempat menuai protes dari publik di Tanah Air, khususnya pengguna media sosial. Sebab, ketika Jokowi bertemu dengan Presiden Tony Tan Keng Yam di Istana, tak ada bendera kenegaraan Indonesia. Kedua bendera yang terpasang merupakan bendera Singapura.

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan
Salah seorang pengguna akun Twitter bernama Setiawan Nugroho, menulis sikap Negeri Singa itu merupakan bentuk tak hormat kepada Pemerintah Indonesia. 
Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi, melalui keterangan tertulis pada Selasa kemarin mengatakan hal tersebut sudah menjadi protokol Pemerintah Singapura.

"Untuk pertemuan Presiden Singapura, selalu menggunakan dua bendera yaitu bendera negara dan bendera kepresidenan," kata mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda itu. 

Dia melanjutkan, Negeri Singa tidak pernah menggunakan bendera tamu untuk semua pertemuan dengan Presiden Singapura di sana. 
Sementara, dalam kegiatan jumpa pers dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong atau penandatanganan nota kesepahaman, bendera Indonesia baru dipasang. Kementerian Luar Negeri RI turut melampirkan foto di akun resmi Twitter, setiap pertemuan antara Presiden Tan dengan pemimpin negara lain, bendera mereka juga tak dipasang. 

Bahkan, bendera Inggris juga tak dipasang ketika Pangeran William dan Kate Middleton melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Tan tahun 2012 silam.

Pangeran William ketika bertemu Presiden Singapura, Tony Tan Keng Yam  
(Pangeran William dari Kerajaan Inggris ketika bertemu Presiden Singapura,  Tony Tan Keng Yam di Istana Kepresidenan tahun 2012 lalu. Sumber: Reuters)

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong

(Presiden Joko Widodo ketika memberikan keterangan pers bersama dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Saat itu bendera Indonesia ikut dipasang. Sumber: Reuters/Edgar Su)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya