Hari Ini, Presiden Turki Tiba di Jakarta

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Keputusan Jokowi Tolak Permintaan Erdogan Disambut Gembira
- Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada hari ini dijadwalkan tiba di Indonesia. Menurut informasi yang diperoleh dari Istana Negara, Erdogan dijadwalkan tiba pada pukul 15.30 WIB di Bandara Halim Perdana Kusuma.

DPR: Jangan Tutup Sekolah Hanya karena Permintaan Turki
Dikutip dari kantor berita Turki, Anadolu, Rabu, 29 Juli 2015, begitu tiba, Erdogan akan bertemu Presiden Joko Widodo. Kemudian, selama berada di Jakarta, dia juga akan mengikuti Forum Bisnis Turki dan Indonesia. 

Turki Panggil Duta Besar Jerman
Berdasarkan informasi yang dimuat di situs resmi Kementerian Luar Negeri Turki, kedua negara berencana untuk mencapai volume perdagangan senilai US$5 miliar pada 2015. Erdogan akan berada di Jakarta hingga Jumat esok. 

Sebelum menjejakkan kaki di Indonesia, Erdogan telah berkunjung ke Tiongkok sejak Selasa lalu. Itu menjadikan kunjungan Presiden Turki ke Tiongkok sejak 2012. 

"Selama kunjungan ke Tiongkok, Presiden bertemu dengan mitranya untuk membahas semua aspek hubungan antara Tiongkok dan Turki," tulis situs resmi Kepresidenan. 

Kedua pemimpin bertukar pandangan mengenai isu regional dan internasional yang berpengaruh ke Turki dan Tiongkok. Kunjungan Erdogan ke Tiongkok dilakukan usai terjadi ketegangan diplomatik antara Beijing dan Ankara.

Penyebabnya, 180 warga Muslim Uighur yang ditahan di pusat penahanan di Thailand dikembalikan ke Tiongkok. Sebelumnya, 109 Muslim Uighur telah dikirimkan kembali ke Negeri Tirai Bambu itu. 

Muslim Uighur yang dikembalikan merupakan bagian dari 350 orang yang telah ditahan di pusat imigrasi Thailand sekitar dua tahun. Pemerintah Turki mengaku khawatir terhadap keberadaan umat Muslim di Tiongkok, karena mereka dilarang berpuasa. Namun, hal tersebut kerap dibantah Pemerintah Tiongkok. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya