Saudi dan Mesir Tandatangani Deklarasi Kairo

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi
Sumber :
  • REUTERS/The Egyptian Presidency/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Undang-undang Baru Larang Polisi Mesir Bicara pada Media
- Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi dan Wakil Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, menandatangani Deklarasi Kairo, yang ditujukan untuk memperkuat hubungan militer dan ekonomi.

Bom Beruntun Meledak di Mesir, 7 Tewas

Pada pernyataan resmi Abdel Fattah yang dikutip
Aneh, Bocah Empat Tahun di Penjara Seumur Hidup
Al Jazeera , Jumat, 31 Juli 2015, disebutkan bahwa kedua negara juga akan bekerjasama, untuk membangun pasukan militer Arab gabungan.


Penandatanganan kesepakatan itu, sekaligus memperkuat posisi Abdel Fattah, dua tahun setelah kudeta militer terhadap Mohamed Morsi, pemimpin Ikhwanul Muslimin yang terpilih dalam pemilu demokratis.


Pada pertemuan yang berlangsung Kamis, 30 Juli di Kairo, kedua pimpin menekankan perlunya melakukan semua upaya, untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas di kawasan, bekerjasama melindungi keamanan nasional Arab.


Hubungan Mesir dengan Saudi semakin erat sejak Mursi dikudeta pada 2013, dengan tawaran bantuan miliaran dolar dari Saudi pada Mesir. Partisipasi Mesir dalam perang di Yaman, menjadi imbal balik bagi Saudi.


Riyadh menjadi pendukung kunci bagi Abdel Fattah, membuatnya dalam posisi kuat sekalipun memperoleh kekuasaan, melalui kudeta militer terhadap Morsi yang dipilih melalui pemilihan langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya