Gedung Tua Kembali Runtuh di India, 11 Tewas

Gedung runtuh di Hyderabad, India
Sumber :
  • REUTERS/Stringer
VIVA.co.id
Gempa 6 SR Guncang Filipina Selatan, 3 Terluka
- Setidaknya 11 orang tewas setelah sebuah bangunan di dekat kota Mumbai, India, runtuh, Selasa pagi, 4 Agustus 2015 waktu setempat.

Mengapa Ekonomi India Lebih Unggul Ketimbang Indonesia
Polisi melaporkan, masih banyak orang yang dikhawatirkan terperangkap di bawah bangunan tiga lantai di Thane setelah insiden tersebut terjadi. Demikian dilansir dari BBC.

Hebohnya Jumpa Bintang Uttaran dan Mahaputra
Menurut laporan polisi, sebelumnya, pemerintah lokal telah mengatakan bahwa banyak properti tua yang berbahaya untuk ditinggali, namun warga menolak untuk pindah.

Sebagai informasi, lebih dari 100 orang tewas dalam insiden bangunan perumahan yang runtuh di Mumbai dalam dua tahun terakhir.

Saat ini, tim penyelamat masih berupaya mencari korban di dalam reruntuhan, karena bangunan yang berlokasi di daerah Naupada itu runtuh saat banyak warga di dalamnya yang sedang tidur.

"Sebelas mayat telah ditemukan dan tujuh orang ditarik keluar hidup-hidup. Sedangkan satu orang hilang," kata petugas penyelamatan, Alok Avasthy.

Dia mengatakan, masih banyak orang yang tinggal di gedung berusia 50 tahun itu, meskipun telah dinyatakan tidak aman oleh pemerintah dua tahun lalu.

"Kami menyelamatkan keluarga yang terdiri atas lima orang dengan bantuan anjing pelacak yang memberitahu kami bahwa masih ada beberapa orang di sana," kata Avasthy.

Insiden ini terjadi sepekan setelah sembilan orang tewas, ketika bangunan tiga lantai lainnya runtuh saat hujan lebat di Thakruli, pinggiran Mumbai.

Harga sewa properti di Mumbai termasuk yang tertinggi di Asia. Banyak warga terpaksa tinggal gedung-gedung tua, di mana diperkirakan 60 persen dari 18 juta orang penduduknya tinggal di daerah kumuh.

Ada lebih dari 14.000 bangunan di Mumbai yang berusia lebih dari 70 tahun. 
Antara tahun 2008 dan 2012, ada 100 bangunan yang runtuh, menewaskan sebanyak 53 orang dan 103 lainnya mengalami luka-luka.

Bahan konstruksi dan praktik bangunan yang buruk diklaim sebagai penyebabnya.

Tahun lalu, sebuah bangunan 11 lantai di bagian selatan Tamil Nadu juga runtuh setelah hujan lebat, menewaskan 61 orang yang sebagian besarnya merupakan pekerja.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya