Australia Akui Ada Kesalahan Perkiraan Lokasi MH370

Serpihan MH370 ditemui di Pulau Reunion
Sumber :
  • tvOne
VIVA.co.id
Tragedi MH370 dan Bebas Visa Malaysia untuk China
- Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) yang memimpin operasi pencarian MH370, mengatakan model hanyut yang dibuat sebelumnya, telah salah mengidentifikasi Indonesia sebagai wilayah bakal ditemukannya puing.

MH370 Diperkirakan Terjun ke Laut dengan Kecepatan Tinggi

Dikutip dari
'Puing Pesawat' Terlihat di Pantai Timur Malaysia
Reuters , Rabu, 5 Agustus 2015, pencarian pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 hilang tanpa jejak pada 8 Maret 2014, bersama dengan 239 orang penumpang dan awak, selama ini difokuskan di Samudra Hindia.


Beberapa pejabat Australia mengatakan, puing sayap gerak atau flaperon yang ditemukan di Pulau Reunion sepekan lalu, masih konsisten dengan perkiraan lokasi jatuhnya pesawat, berdasarkan analisa arus laut, angin dan gelombang.


Tapi ATSB mengatakan, model hanyut yang dibuat pada Juni 2014, telah salah mengindikasikan kemungkinan penemuan pertama puing MH370, yaitu di pantai barat Sumatera, Indonesia, pada Juli 2014 atau empat bulan setelah insiden.


Sementara model yang dibuat Organisasi Penelitian Sains dan Industrial Persemakmuran Australia, November 2014, sudah menyebut Indonesia bukan lokasi yang memungkinkan, untuk menemukan puing MH370.


Kesalahan identifikasi diklaim tidak mempengaruhi pencarian, dan penemuan puing di Reunion dianggap penting, untuk memahami pola hanyut di perairan pantai barat Australia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya