Topan Terhebat Menuju China dan Jepang

Topan Soudelor
Sumber :
  • Shanghaiist

VIVA.co.id - Topan Soudelor yang disebut akan menjadi badai tropis terhebat pada 2015, akan menghantam China pada akhir pekan mendatang. Diketahui, kecepatan topan itu hingga 284,4 kilometer perjam atau 79 meter perdetik.

Dikutip dari laman Shanghaiist, Rabu, 5 Agustus 2015, topan Soudelor telah berkembang menjadi kategori lima sejak Senin, 3 Agustus lalu. Saat ini telah melalui Pulau Saipan di Pasifik, menuju ke Jepang, Taiwan dan China.

Topan Super Dujuan di Taiwan Memakan Korban

Menurut laporan dari situs weather.com, hantaman langsung ke Taiwan disebut memungkinkan, sebelum tiba di Provinsi Fujian, Zhejiang dan Guangdong pada Sabtu, 8 Agustus mendatang.

Kabar baik dari topan Soudelor adalah berakhirnya krisis gelombang panas. Sementara kabar buruknya, hujan deras yang berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir.

Status darurat bencana telah dideklarasikan di Saipan, setelah pusat badai langsung melewati pulau itu. Pada laporan Washington Post disebut, topan Soudelor mengakibatkan kehancuran hanya dalam tiga jam.

Belum ada laporan tentang korban jiwa atau terluka, tapi pulau itu dipastikan penuh dengan puing-puing rumah yang hancur, pohon dan tiang listrik yang tumbang, jalan-jalan tidak dapat dilewati. (ase)

Badai di Timur Laut Amerika Serikat

Badai Patricia Hantam Meksiko

Belum ada korban jiwa yang dilaporkan.

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2015