Tiongkok Hentikan Reklamasi di Laut China Selatan

Reklamasi Tiongkok di Pulau Spratly
Sumber :
  • CNES 2014/Distribution Airbus DS/IHS
VIVA.co.id
Vietnam Kirim Peluncur Roket ke Laut China Selatan
- Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dalam pertemuan menlu Asia Tenggara pada Rabu, 5 Agustus 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia, mengatakan, negaranya telah menghentikan konstruksi di Laut China Selatan.

Tiongkok Bangun Hanggar Pesawat di Laut China Selatan

"China sudah menghentikan. Gunakan saja pesawat untuk melihatnya," kata Wang Yi, dikutip
Laut China Selatan Memanas, Beijing: Siap-siap Perang
Reuters . China dan negara-negara ASEAN, juga telah sepakat mempercepat konsultasi mengenai kode etik di Laut China Selatan.


Hal itu disampaikan Wang Yi dalam konferensi pers, bersama dengan Menlu Thailand, Jenderal Tanasak Patimopragorn, setelah pertemuan dengan para menlu ASEAN, di mana Laut China Selatan diangkat jadi pembahasan.


Perkembangan itu cukup mengejutkan, karena sebelumnya Wang Yi mengisyarakatkan bahwa tidak akan ada kompromi, terkait proyek reklamasi pulau-pulau karang di Laut China Selatan, yang juga diklaim beberapa negara Asia Tenggara.


Wang Yi yang dikutip
Channel News Asia
, Selasa, 4 Agustus, mengatakan, isu Laut China Selatan tidak semestinya diangkat, dalam pertemuan regional ASEAN, yang disebutnya sebagai upaya yang kontra produktif.


Dia pun menegaskan bahwa China akan melanjutkan reklamasi. Wang Yi menolak seruan dari beberapa negara pengklaim dan AS, agar China menghentikan reklamasi, yang disebutnya tidak realistis dan tidak akan berjalan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya