Lagi, Blogger Ateis di Bangladesh Tewas Dibunuh

Niloy Neel
Sumber :
  • BBC

VIVA.co.id - Seorang blogger di Bangladesh ditemukan tewas dibunuh oleh sekelompok orang tak dikenal. Blogger bernama Niloy Neel itu dikenal dengan tulisan dan pandangannya terkait ateisme.

Neel diserang di rumahnya, di kota wilayah Goran. Dia merupakan blogger sekuler keempat yang dibunuh tahun ini. Diduga pelakunya adalah kelompok militan Islam di Bangladesh.

"Dia merupakan pembela kaum minoritas, terutama hak asasi manusia dan orang-orang pribumi asli. Dia juga kerap menyuarakan hal yang berlawanan dengan fundamentalisme dan ekstrimisme," ujar Imran H Sarkar, ketua kelompok blogger Bangladesh yang juga aktivis, seperti dikutip dari BBC, Sabtu 8 Agustus 2015.

Editor BBC South Asia, Charles Haviland, mengenali Neel sebagai blogger yang tidak hanya sekuler tapi juga ateis. Ciri ini mirip dengan blogger yang menjadi korban pembunuhan sebelumnya.

Sebelumnya, pengguna internet di Bangladesh mendapatkan sebuah sebuah sebaran berisi darftar 84 blogger yang dianggap ateis. Dikabarkan, daftar itu dibuat oleh kelompok Islam militan sejak 2013 dan mulai beredar luas tahun ini. Dari 84 orang, sebanyak 4 orang telah berhasil dieksekusi.

Sejatinya, daftar itu dikirimkan oleh sebuah kelompok untuk melaporkan adanya ketidaknyamanan dari 84 blogger ini. Kelompok tersebut meminta kepolisian Bangladesh untuk menahan dan memenjarakan semua blogger dalam daftar itu. Namun saat dikonfirmasi, kelompok yang tidak mau diidentifikasi itu mengatakan tidak terlibat dalam pembunuhan itu.

"Meski dalam daftar disebutkan jika 84 blogger itu ateis, namun tidak semua blogger tidak beragama. Semua blogger itu ternyata berada di demonstrasi jalanan pada 2013 untuk mendukung gerakan sekuler," ujar Haviland.

Pihak kepolisian Dhaka menyebutkan, sebelum dibunuh, Neel sempat meminta perlindungan karena dia merasa nyawanya terancam. Sayangnya, pengaduan dirinya tidak pernah ditanggapi polisi.

"Dalam kronologi yang kami himpun, ada enam penyerang yang menerobos masuk ke dalam rumah Neel, dengan alasan mencari kontrakan. Dua diantaranya memaksa masuk dan langsung mengeksekusi Neel. Istri Neel yang berada di dalam sempat diungsikan ke dalam kamar lainnya di dalam rumah," ujar wakil kepala polisi, Muntashirul Islam.

Pada Mei lalu, seorang blogger bernama Ananta Bijoy dibunuh oleh seorang bercadar di Sylhet. Sebelumnya ia juga mengaku sempat mendapat ancaman dari ekstermis Islam.

Masjid Syiah di Bangladesh Ditembaki

Sedangkan pada Maret lalu, seorang blogger lain, Washiqur Rahman, juga ditemukan tewas di Dhaka. Blogger bernama Avjit Roy, yang menyuarakan atheisme dan homoseksualitas juga tewas di Dhaka pada Februari. (ase)

Kunjungan Bangladesh Ministry of Railways di PT INKA Madiun

Ekspor Kereta ke Bangladesh, INKA Dapat Dana Rp270 Miliar

Proyek jadi showroom untuk pasar di kawasan Asia dan Timur Tengah.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2016