TUTUP
TUTUP
DUNIA

Amerika Latin, Pasar yang Menjanjikan untuk Indonesia

Selama ini, RI belum maksimal menggarap kerja sama di kawasan itu.
Amerika Latin, Pasar yang Menjanjikan untuk Indonesia
Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi. (ANTARA FOTO/Fanny Kusumawardhani)
VIVA.co.id - Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi, akan menghadiri penyelenggaraan Konferensi Tingkat Menteri (KTM) FEALAC (Forum for East Asia and Latin America Cooperation) yang akan dilaksanakan di San Jose, Costa Rica pada 19-21 Agustus 2015. Isu utama yang akan dibahas mengenai peningkatan kerja sama ekonomi antar kedua kawasan.

Demikian ungkap Direktur Kerjasama Intrakawasan Amerika Eropa dari Kemlu RI, Dewi Savitri Tobing, ketika memberikan keterangan pers di ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Kamis, 13 Agustus 2015. 

"Isu utama yang akan kami bawa adalah mengenai konektivitas, erat kaitannya dengan diplomasi maritim dan ini relevan karena jarak yang jauh yang dipisahkan lautan. Sejauh ini pemanfaatan kedua kawasan tersebut belum detail. Oleh sebab itu, penting bagi Indonesia untuk fokus ke isu ini," ungkap Dewi. 

Selain itu, dibahas pula peningkatan kerjasama di bidang kesehatan, perindustrian, hukum. Diakui Dewi, kerjasama Indonesia dengan Amerika Latin selama ini belum terlalu maksimal.

"Padahal Amerika Latin sebenarnya pasar menjanjikan untuk Indonesia" dia menambahkan.   

Di bidang pendidikan, Indonesia mengusulkan adanya kerjasama antara universitas kedua kawasan, sebagai pusat studi Amerika Latin di Asia, dan sebaliknya. 

"Kita coba menggunakan jaringan negara sahabat" kata dia.

FEALAC secara resmi dibentuk pada bulan Agustus 2001 dengan berisikan 36 negara dari kawasan Asia Timur dan Amerika Latin. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP