Apartemen Saudi Aramco Terbakar, Tiga WNI Jadi Korban Luka

Komplek Apartemen Radium terbakar
Sumber :
  • KBRI Riyadh, Arab Saudi
VIVA.co.id
Situasi Makin Memburuk, TKI di Suriah Kembali Dipulangkan
- Sebuah kebakaran hebat melanda kompleks apartemen yang dihuni oleh para pegawai perusahaan minyak Saudi Aramco. Informasi dari media setempat, korban tewas mencapai 11 orang, sedangkan lebih dari 200 orang terluka. Tiga orang di antaranya WNI.

Tinggal Enam hari, Keluarga Sandera Abu Sayyaf Khawatir
Dikutip dari laman Arab News, Minggu, 30 Agustus 2015, kejadian kebakaran itu terjadi pada Minggu dini hari. Menurut seorang saksi mata yang tinggal di area sekitar komplek apartemen, Mohammed Siddique, dia melihat asap mulai mengepul dari hunian mewah itu sekitar pukul 06.00 waktu setempat. 

TKI di Korea Diminta Hentikan Adu Jotos
"Saya melihat sedikitnya 30 mobil ambulans dan tiga helikopter (di lokasi). Asapnya terlihat begitu tebal," kata Siddique yang juga berprofesi sebagai insiyur. 

Dia menjelaskan, kompleks apartemen terdiri dari beberapa bangunan. Menurut dia, bangunan apartemen relatif baru dan memiliki desain yang bagus. Apartemen itu dihuni oleh warga dari berbagai negara mulai dari Asia, Saudi dan negara barat. 

Tempat hunian itu disewa oleh Aramco dan dijaga oleh tim keamanan yang dipekerjakan oleh perusahaan minyak tersebut. Petugas pemadam kebakaran berupaya untuk memadamkan api dengan cepat. 

Sementara, menurut perwakilan dari Departemen Pertahanan Sipil, mereka masih terus menyelidiki penyebab kebakaran. Untuk menghindari jatuhnya korban luka lebih banyak, warga yang tinggal di dekat gedung dievakuasi dengan menggunakan helikopter. Mereka diantar ke lantai teratas apartemen lalu dipindahkan ke helikopter. 

Hingga siang hari, pejabat Departemen Pertahanan Sipil mengatakan, total korban luka mencapai 219 orang.

Perwakilan perusahaan membenarkan mengenai kejadian tersebut. Penyebab insiden itu, kata perwakilan Aramco, tengah diselidiki. 

Mereka mengatakan mempekerjakan lebih dari 61 ribu pekerja yang berasal dari 77 negara. Untuk sementara waktu, karyawan Aramco yang terkena dampak kebakaran, dipindahkan ke tempat tinggal lain. Aramco juga berjanji akan menggunakan semua cara dan sumber yang ada untuk membantu karyawan mereka yang menjadi korban.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya