Heboh, Serbuk 'Emas' Berceceran di Jalan Raya

Warga Tiongkok pungut serpihan yang diduga emas di jalan
Sumber :
  • South China Morning Post (SCMP)
VIVA.co.id
Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta
- Ratusan orang terlihat membungkukkan badan bahkan berjongkok selama berjam-jam di jalan raya daerah Hanzhong, Provinsi Shaanxi, Tiongkok pada pekan lalu. Mereka terkejut lantaran banyak serpihan yang mereka duga terbuat dari emas yang berceceran di jalan raya.

Heboh Bule Nyanyikan Lagu Gombloh dengan Merdu
Laman Shanghaiist, Minggu, 30 Agustus 2015 melansir kehebohan itu berlangsung sejak pukul 06.00 hingga pukul 14.00 waktu setempat yang mengakibatkan mereka menutupi jalanan antara Xinxing Utara dan jalan raya terdekat di daerah Mian. Kendati telah dibubarkan oleh petugas, namun hal tersebut tidak digubris warga. Mereka tetap sibuk memungut serpihan "emas" itu.

Merasa Gatal, Ternyata Ada 26 Kecoa di Telinga
Seorang wanita pemilik toko di sana mengaku dirinya melihat sesuatu yang mencurigakan. Dia memungut benda misterius itu sekitar pukul 06.00, namun empat jam kemudian jalan raya dipenuhi ratusan warga yang mendengar ada serpihan "emas" yang berceceran di jalan raya. 

Mendengar kabar tersebut, mereka berbondong-bondong langsung datang dan berniat mengumpulkan serpihan itu.

“Tua dan muda, wanita dan pria, mereka semua datang untuk mengumpulkan serbuk itu. Beberapa pengemudi motor bahkan memarkirkan kendaraan mereka di pinggir jalan dan langsung mengikuti kerumunan setelah mendengar kabar itu. Mereka bahkan datang dan meminjam sapu saya,” kata pemilik toko tersebut.

Seorang pemilik toko lainnya mengatakan kepada wartawan di sana, dia mencoba memperingatkan warga serpihan yang mereka pungut di jalan bukanlah terbuat dari emas. Peringatan itu malah diacuhkan oleh warga.

Bahkan beberapa di antara mereka menghubungi keluarganya untuk minta dibawakan kantong plastik agar bisa mengambil serbuk "emas" lebih banyak. 

Sebuah perusahan logistik kemudian mengungkap, serbuk "emas" yang diburu warga itu sebenarnya adalah serbuk belerang yang sering digunakan sebagai pupuk. Serbuk itu tumpah ke jalan raya saat sebelumnya dipindahkan oleh perusahaan mineral pada malam sebelumnya.

Serbuk belerang bisa membahayakan saluran pernafasan jika seseorang menghirupnya. Oleh sebab itu, jelas diketahui serbuk itu tidak memiliki kandungan emas apa pun. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya