31-8-1997: Putri Diana Tewas Kecelakaan Mobil

Mendiang Putri Diana
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
29-7-1981: Pernikahan Megah Charles-Diana
- 18 tahun lalu, Putri Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris dini hari bersama kekasihnya, Dodi Al-Fayed. Mobil Mercedes hitam yang membawa Diana dan Al-Fayed saat itu melaju kencang untuk menghindari kejaran juru foto paparazi. 

Alasan Pengeran William Benci Media Sosial
Stasiun berita BBC melansir melaju dengan 128-136 kilometer per jam, tiba-tiba mobil itu menabrak beton penyangga terowongan di Jembatan Pont de l'Alma yang tak jauh dari Menara Eiffel. Wanita bergelar Princess of Wales itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit de la Petie Salpetriere. 

20-12-1995: Ratu Inggris Desak Charles dan Diana Bercerai
Namun, dokter gagal menyelamatkan nyawanya. Ibu dari Pangeran William dan Harry itu mengalami pendarahan internal yang bersumber di bagian dada, paru-paru dan kepala. 

"Diana tiba di rumah sakit dalam kondisi pendarahan hebat dan syok. Setelah itu, dia langsung memperoleh perawatan di bagian jantung," ujar dr. Bruno Riou yang merawat Diana.

Dia dilaporkan meninggal pada pukul 04.00 dini hari. Nasib serupa juga dialami Al-Fayed dan supirnya. Sementara, pengawal pribadi Al-Fayed dilaporkan dalam selamat, namun mengalami kondisi kritis. 

Tewasnya Diana menjadi pukulan berat bagi keluarga Kerajaan Inggris. Terlebih, Pangeran Charles dan Diana baru saja bercerai.

Pukulan berat jelas terlihat di wajah William dan Harry yang ketika itu masih berusia remaja. Dalam pernyataannya, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Charles menyampaikan kabar duka itu kepada mereka di Istana Balmoral, Skotlandia, tempat mereka kerap menghabiskan liburan musim panas. 

"Mereka sangat terkejut dan sedih mendengar berita menyedihkan ini," ujar Ratu Elizabeth II.

Perdana Menteri saat itu, Tony Blair juga menyampaikan duka yang sama. 

"Sama seperti orang lain di negara ini, saya juga sangat terpukul. Dia orang yang luar biasa, manusia dengan penuh kehangatan," kata Blair ketika itu seperti dikutip CNN.

Polisi Paris kemudian melakukan penyelidikan terhadap kecelakaan itu. Mereka mulai meminta keterangan kepada tujuh juru foto. Walau pada akhirnya tidak ada satu pun juru foto yang dikenai dakwaan hukum. 

Tetapi, sejak saat itu tata kerja pers diawasi dengan ketat dan diatur dalam UU di Inggris sejak kecelakaan itu. 

Sementara, ratusan pelayat ketika itu berkumpul di depan kediaman Putri Diana di Istana Kensington, London. Banyak dari mereka meletakan bunga di depan pintu gerbang kediamannya. Bahkan, ketika prosesi pemakaman dilakukan, sekitar satu juta orang berdiri di pinggir jalan sambil melepas kepergian Putri Diana.
 



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya