Kim Jong Un akan Tetap Dianugerahi 'Soekarno Award'

Kim Jong Un diantara tentara militer Korea Utara. Tindakan uji coba senjata yang dilakukannya mulai membuat China gusar.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA
VIVA.co.id -
Korea Utara Rayakan Keberhasilan Peluncuran Roket
Pendiri Universitas Bung Karno (UBK), Rachmawati Soekarnoputri, akan tetap memberikan penghargaan Soekarno Award kepada Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un. Rachmawati mengaku tak terpengaruh dengan isu negatif menyangkut salah satu pemimpin negara Komunis itu.

Korea Utara Siap Luncurkan Rudal Jarak Jauh

"Kami tetap akan memberikan penghargaan tersebut pada dia (Kim Jong Un). Kami tidak terpengaruh oleh propaganda Barat dan tetap akan berikan penghargaan kepadanya," kata Rachmawati di Universitas Bung Karno, Senin, 31 Agustus 2015.
Pejabat Hingga Artis Hadiri Ulang Tahun Guruh Soekarnoputra


Rachmawati bahkan telah memberikan surat ke Ketua Dewan Presidium Korea Utara, Kim Jong Nam. Besar kemungkinan Kim Jong Un tak akan hadir di Indonesia untuk menerima penghargaan, cukup diwakili Kedutaan Besar Korea Utara di Jakarta.


"Kami melihat konsistensi Kim Jong Un di dalam mempertahankan kemandiriian negaranya, karena dinilai sebagai pemimpin anti imperialisme. Itu patut diapresiasi," ujar Rachmawati.


Adik Megawati Soekarnoputri itu melanjutkan, selain Kim Jong Un, beberapa petinggi dari negara lain juga akan dianugerahkan penghargaan serupa. Mereka adalah Mahatir Muhammad, Fidel Castro, Hugo Chaves, Raja Abdullah, dan Raja Muhammad VI. Mereka dikenal sebagai pemimpin anti imperialisme.


"Rencananya, penghargaan ini akan diberikan pada tanggal 27 September 2015 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat," kata Rachmawati. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya