Cara Selandia Baru Rayakan 40 Tahun Hubungan dengan ASEAN

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Trevor Matheson.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id - Selandia Baru dan ASEAN akan merayakan 40 tahun hubungan kedua kawasan dalam beberapa hari ke depan.

SOM Bali Process Tuntas Dilaksanakan

Untuk menghargai kerja sama itu, Kedutaan Selandia Baru akan memberi penghargaan kepada tujuh warga Indonesia yang dianggap berkontribusi dalam hubungan kedua kawasan. 

Hal itu disampaikan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Trevor Matheson, ketika ditemui di Gedung Kedutaan pada Senin, 31 Agustus 2015. Pemberian penghargaan akan dilakukan pada Rabu, 8 September 2015 di Hotel Fairmount, Jakarta Selatan. 
Kemlu: Tidak Ada Korban WNI di Gempa Selandia Baru

Tujuh WNI itu merupakan bagian dari 40 warga ASEAN dari 10 negara yang dianggap memiliki peranan signifikan untuk mempererat hubungan Selandia Baru dengan organisasi kawasan tersebut. 
Selandia Baru Anugerahkan Bea Siswa untuk Ridwan Kamil

"Penerima penghargaan telah mencerminkan ukuran dan ragam kerja sama antara Indonesia dan Selandia Baru. Hubungan kedua negara akan terus kuat di kawasan ASEAN," ujar Matheson. 

Dia juga mengucapkan terima kasih dan selamat kepada orang-orang yang telah melihat ke depan untuk bekerja sama dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian kedua negara.

Trevor menjelaskan, kedua negara memiliki hubungan yang kuat tak hanya di bidang perdagangan, tetapi juga terdapat sejarah dan kedekatan sejak Colombo Plan. Kedua negara juga sepakat untuk bekerja sama mengembangkan energi panas bumi. 

Selandia Baru, Trevor melanjutkan berkontribusi atas desain, setting dan manajemen pembangunan pertama pembangunan tenaga panas bumi di Kamojang pada tahun 1970. Kerjasama lainnya adalah soal pariwisata dan bisnis. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya