WNI Bisa Jadi 'Dubes' Denmark dalam Sehari

Ahok bersama Dubes Denmark Casper Klynge
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar GM
VIVA.co.id
Sultan: Ratu Denmark Cuma 'Say Hello'
- Kedutaan Besar Denmark di Jakarta memberikan kesempatan bagi warga Indonesia untuk merasakan menjadi Duta Besar negara viking itu di Indonesia. Program menjadi Dubes itu disebut "Ambassador for One Day". 

Ratu Denmark Ternyata Bisa Bedakan Batik Tulis dan Cap
Dubes Kerajaan Denmark untuk Indonesia Casper Klynge mengatakan, program itu bertujuan untuk memperlihatkan sistem transparansi yang selama ini dianut oleh Kedutaan di Jakarta. Dia ingin masyarakat yakin selama ini kedutaan yang dipimpinnya melalui pengawasan yang bersifat transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

Sambangi Yogyakarta, Ratu Denmark 'Digoda' Batik
"Kami adakan program ini untuk menunjukkan transparansi yang ada pada pekerjaan dan organisasi kami," kata Klynge saat ditemui di kediamannya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 1 September 2015.

Sesuai dengan namanya, bagi penerima program "Ambassador for One Day" akan merasakan pengalaman menjadi Dubes Denmark selama satu hari. Dia berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Klynge dan jajarannya serta belajar menjadi seorang Dubes dari mereka.

Namun, program ini dibuat seperti semacam kompetisi. Warga Indonesia yang berminat harus mengirimkan sebuah tulisan maksimal sepanjang dua lembar dengan tema berjudul: "Jika Saya Menjadi Dubes Denmark". 

"Pemenang dapat merasakan, menggunakan dan melihat semua tugas dan tanggung jawab, serta fasilitas yang ada di Kedubes Denmark. Dia juga akan merasakan menjadi Dubes yang tidak hanya bekerja untuk Denmark tetapi juga Indonesia," kata  Klynge menjelaskan.

Tahun ini, program tersebut dimenangkan oleh mahasiswa tahun awal dari Universitas Indonesia, Aufa Ahdan. Aufa diajak berkeliling dalam berbagai pertemuan seperti rapat dengan mantan Menko Kemaritiman, Indroyono, diskusi dengan Wakil Menteri Luar Negeri RI, A.M Fachir, diskusi reachout program ESP3 dari Danida dan makan siang bersama dengan Kepala Save the Children, Denmark.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya