Sengketa Ambalat

Malaysia Protes Indonesia Sudah 13 Kali

VIVAnews - Malaysia sedikitnya telah mengirim 13 nota protes diplomatik ke Indonesia terkait dengan masuknya tentara Indonesia ke wilayah Ambalat yang diklaim milik Malaysia. Nota protes itu dikirim sejak terjadi perselisihan di wilayah itu tahun 2007.

Menurut The New Strait Times edisi Selasa 16 Juni 2009, Menteri Luar Negeri Datuk Anifah Aman mengatakan, nota protes diplomatik terakhir dikirim ke Indonesia pada tanggal 30 April 2009. Hal itu karena tentara laut Indonesia didapati melewati batas laut negara itu saat melakukan patroli.

Datuk Anafiah mengatakan klaim dua pihak pada perbatasan laut telah membingungkan kedua pihak.

Dia berharap pertemuan ke 14 Komite Perbatasan Umum bulan depan akan menemukan jalan keluar atas masalah tersebut.

Anifah juga mengatakan media di Indonesia telah menggunakan isu itu menjadi drama untuk membangkitkan sentimen publik. Apalagi sekarang di Indonesia tengah berlangsung pemilihan presiden. "Saya tak memiliki informasi berapa banyak nota protes diplomatik yang dikirimkan pemerintah Indonesia ke kami atas kasus ini."

"Untuk lebih meyakinkan, kami tak menerima satu pun klaim seperti yang diwartakan media Indonesia bahwa angkatan laut Malaysia melewati perairan mereka," katanya.

Putusan MK Bersifat Final, Prof Niam: Kontestasi Telah Usai, Saatnya Bersatu
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Partai Gerindra tetap akan mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun bangsa bersama-sama dengan pemerintahan dari Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka nanti.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024