Perahu Migran Ilegal Tenggelam di Malaysia, 14 WNI Tewas

Kapal Pembawa Puluhan Imigran Karam di Yunani
Sumber :
  • REUTERS / Michalis Loizos
VIVA.co.id
Situasi Makin Memburuk, TKI di Suriah Kembali Dipulangkan
- Sebuah perahu kayu yang membawa puluhan WNI imigran ilegal dari Malaysia dilaporkan terbalik dan tenggelam di negara bagian Selangor pada hari ini. Akibat insiden itu, sebanyak 14 WNI dilaporkan tewas. 

Tinggal Enam hari, Keluarga Sandera Abu Sayyaf Khawatir
Kantor berita Reuters, Kamis, 3 September 2015, melansir keterangan dari Laksamana Pertama Badan Penegakkan Hukum Maritim Malaysia, Muhammad Aliyas Hamdan mengatakan dari pembicaraan awal dengan korban selamat, membuat dia yakin bahwa penumpang perahu berasal dari Indonesia. Perahu kayu itu membawa WNI dari Negeri Jiran menuju ke Pulau Sumatera.

TKI di Korea Diminta Hentikan Adu Jotos
"Jika mereka imigran legal, maka mereka tidak akan pergi (meninggalkan negara ini) dengan cara seperti itu," kata Muhammad. 

Dia menyebut perahu tenggelam karena kelebihan muatan dan cuaca buruk. Sementara, harian The Guardian menyebut perahu itu membawa sekitar 70 WNI. 

Tim penyelamat mengetahui kejadian itu, karena adanya panggilan darurat dari para nelayan. Terdapat sekitar 2 juta WNI di Malaysia, yang sebagian besar merupakan warga pendatang ilegal. Banyak dari mereka datang ke Negeri Jiran dengan membayar para penyelundup manusia. 

Kawasan Asia Tenggara tengah menderita krisis penyelundupan manusia. Sebelumnya, ribuan pengungsi dari Myanmar dan dari Bangladesh mencoba untuk menyeberang menuju ke Malaysia dan Thailand dengan perahu. Namun, banyak di antara mereka yang terombang ambing di lautan dan mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya