Selamat Tiba di Yunani, Pengungsi Suriah Berfoto Selfie

Migran Suriah berfoto selfie
Sumber :
  • Anadolu
VIVA.co.id
Jet Rusia Jatuhkan Bom di Suriah, 10 Warga Terluka
- Sekelompok pengungsi dari Timur Tengah berhasil tiba dengan selamat di Pulau Lesbos, Yunani. Sebelumnya, mereka telah melalui jalan panjang dari negara asal untuk memulai kehidupan baru di Benua Eropa. 

Kisah Haru Atlet Olimpiade Nyaris Mati Menolong Pengungsi
Begitu menjejakkan kaki, puluhan pengungsi terlihat begitu bahagia. Laman Dailymail, Senin, 7 September 2015 bahkan melansir, saking bahagianya mereka melakukan swafoto (selfie).

Helikopter Rusia Ditembak Jatuh
Puluhan pengungsi berhasil tiba di tepi pantai di Pulau Lesbos dengan menumpang perahu karet milik penjaga perbatasan pantai Yunani. Tujuan akhir mereka hanya satu yaitu menuju ke Jerman, sebab diterima dengan tangan terbuka lebar oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel. 

Begitu tiba di Lesbos, mereka bersuka cita karena akan bergabung dengan ribuan migran lainnya yang telah terdaftar di sana, sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan menuju ke Athena, lalu ke pusat Eropa. Sambil menunggu, mereka tidur hanya dengan beralaskan kardus di atas batu-batu pantai. Mereka juga menghangatkan diri dengan melapisi seluruh tubuh selimut. 

Sementara, alasan Lesbos bersedia menerima migran, karena Wali Kota Sypros Galinos berjanji akan menerima ribuan pengungsi. Tetapi, bantuan dari Wali Kota saja dianggap tidak cukup. Galinos turut menuntut bantuan dari pemerintah pusat, sebab jika tidak ditangani isu migran ini mirip seperti bom yang akan meledak.

Oleh sebab itu, Athena telah mengirimkan dua kapal ferri untuk membawa pengungsi dari tengah laut ke tepi pantai. Menurut Galinos kontribusi itu masih kurang. 

"Saya tidak butuh satu kapal. Saya butuh satu armada," kata dia. 

Lesbos memang diketahui menjadi pulau tujuan transit kedua setelah Kos di Yunani. Ratusan orang diketahui tiba setiap harinya di Pulau Kos. 

Menurut informasi dari penjaga perbatasan pantai, mereka menyelamatkan lebih dari 500 orang dari laut dalam waktu 24 jam pada Jumat lalu. Diprediksi, masih banyak lagi pengungsi yang masih terombang-ambing di tengah laut. 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya