Singapura Gelar Pemilu Hari Ini

Ilustrasi Singapura
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Singapura melaksanakan pemilihan umum pada Jumat, 11 September 2015. Pelaksanaan pemungutan suara dalam pemilu Singapura kini sedang berlangsung, sebanyak 832 tempat pemungutan suara (TPS) sudah dibuka pada pukul 08.00 waktu setempat dan akan ditutup pada pukul 20.00 malam nanti.

Dilaporkan Channel News Asia, menurut Departemen Pemilu, pada pukul 10.00 sebanyak 532.590 dari 2.460.000 warga Singapura diharapkan sudah berangkat ke TPS untuk memberikan suara mereka dalam Pemilihan Umum ke-12.

Untuk pertama kalinya sejak merdeka, seluruh 89 kursi dari 29 daerah pemilihan diperebutkan. Secara rinci 76 kursi dari 16 Group Representation Constituencies (GRC) atau area perwakilan, dua kursi di antaranya baru terbentuk setelah batas pemilihan diumumkan. Dua kursi perwakilan itu dari wilayah Jalan Besar dan Marsiling-Yew Tee.

Sementara 13 kursi sisanya dari jalur Single-Member Constituencies (SMC) atau independen.

Tiga di antara wilayah, yaitu Bukit Batok, Fengshan dan MacPherson, baru pertama kalinya ikut serta dalam pemilu. Ada juga dua kandidat independen yang bersaing untuk pertama kalinya sejak 2001.

Dua kandidat independen itu mengklaim dirinya bersaing mendapatkan satu kursi dari daerah pemilihan Bukti Batok dan Radin Mas, sementara satu kandidat independen lainnya berjuang mendapatkan kursi dari MacPherson.

SMC diperebutkan oleh Partai Aksi Rakyat, Partai Buruh dan Partai Solidaritas Nasional. Ketiga partai tersebut adalah partai-partai unggulan dalam pemilu ini.

Enam partai lainnya adalah Partai Demokrat Singapura, Partai Reformasi, Partai Singaporeand First, Partai Rakyat Singapura, Aliansi Demokratik Singapura dan Partai Kekuatan Rakyat. Hasil pemungutan suara hari ini diharapkan akan selesai pada tengah malam nanti.

Nikita Mirzani Pamer Aksi di Meja Judi Singapura
Logo Singapore Airlines

Maskapai Ini Resmi Punya Pilot Perempuan

Singapore Airlines memiliki 2.000 pilot dengan investasi Rp1,9 miliar.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2016